11 Kelebihan Menggunakan WordPress Harus Anda Ketahui

11 Kelebihan Menggunakan Wordpress Harus Anda Ketahui

Kelebihan menggunakan wordpress sebagai CMS untuk website sangat banyak. Platform berbasis PHP dan MySQL ini dapat diakses sendiri sehingga Anda memerlukan tempat untuk menginstalnya.

Kehadirannya mempermudah pekerjaan pengembang website karena tidak perlu melakukan pengaturan back end, front end dan hal teknis lainnya. Anda juga tidak harus belajar bahasa pemrograman untuk membuat website.

Hal ini sangat membantu bagi para pemula karena website bisa dibuat dalam hitungan menit saja. Selain itu, menyediakan banyak fitur yang bermanfaat seperti pages, post, plugin, comment, settings dan media.

Semua fitur tersebut sangat bermanfaat untuk melakukan pengaturan di website maupun blog yang memakai wordpress. Lalu, banyak komunitas di seluruh dunia yang saling memberikan dukungan bagi semua pengguna.

Berikut Kelebihan Menggunakan WordPress

WordPress menjadi CMS yang terkenal di dunia. Hal ini dikarenakan banyak menawarkan kemudahan bagi para penggunanya. Proses pembuatan website menjadi lebih cepat dan masih banyak lagi kelebihan lainnya.

       1. Bersifat User Friendly

WordPress banyak digunakan para pemula saat membuat website maupun blog. Hal ini karena cara menjalankan platform tersebut sangat mudah dan tidak membutuhkan kemampuan teknikal.

Wordpres bisa langsung diinstal tanpa perlu membeli lisensi terlebih dahulu. Di samping itu, banyak plugin dan tema gratis. Anda cukup menyiapkan nama domain yang bagus dan menyewa hosting

Kelebihan menggunakan wordpress lainnya adalah tersedia banyak fitur yang bisa dipilih untuk melakukan berbagai macam pengaturan. Tujuannya agar tampilannya terlihat profesional. Misalnya pengaturan layout dan lain sebagainya.

      2. Mobile Friendly

Website harus bisa diakses menggunakan smartphone agar meningkatkan trafik. Hal ini penting untuk diperhatikan karena saat ini banyak orang yang mengakses web atau blog menggunakan smartphone.

Baca Juga :   7 Aplikasi Instagram Mod yang Bisa Download Story

Alasannya adalah ukurannya kecil sehingga lebih praktis untuk dibawa kemana saja. Oleh karena itu, website harus mobile friendly karena akan mempengaruhi SEO maupun ranking serta meningkatkan kredibilitasnya.

Dari segi pengelolaannya juga lebih mudah. Anda dapat memanfaatkan desain responsif agar tampilannya berubah menyesuaikan perangkat secara otomatis. Dengan demikian, tidak perlu repot memperbesar tampilan.

Kelebihan menggunakan wordpress adalah website tetap terlihat menarik di semua jenis perangkat baik smartphone, iPhone maupun tablet. Hal ini terwujud karena wordpress memiliki desain website yang responsif.

       3. Keamanan Website Terjamin

Banyak plugin yang dapat Anda gunakan, salah satu contohnya plugin untuk meningkatkan keamanan. Dengan demikian, website akan terbebas dari serangan hacker atau pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

       4. Sangat Fleksibel

CMS yang satu ini bersifat fleksibel dan mudah dikostumisasi baik dari segi tampilan maupun plugin. Dahulu, wordpress memang hanya dipakai untuk CMS blog saja.

Seiring berkembangnya zaman, kini kelebihan menggunakan wordpress semakin banyak. Selain digunakan membuat website, bisa juga untuk toko online, portofolio dan profil perusahaan.

Di samping itu, juga dapat Anda manfaatkan menjadi jaringan sosial. Pengguna bebas memakai sesuai kebutuhan. Anda juga dapat menentukan sendiri akan memakai plugin basic atau premium.

       5. Mendukung SEO

Banyak plugin SEO yang tersedia sehingga akan mempermudah website untuk menduduki peringkat teratas di mesin pencari google. Terbukti, ada plugin yang bisa membantu mempromosikan post lewat twitter.

Selain itu, ada juga plugin yang akan menghubungkan website dengan Google Analytics. Dengan demikian, pemilik website bisa melakukan analisis trafik dengan mudah.

       6. Banyak Menyediakan Plugins

Kelebihan menggunakan wordpress selanjutnya adalah menyediakan berbagai jenis plugin. Masing-masing plugin memiliki fungsi berbeda dan mendukung berbagai macam aktivitas. Salah satunya ada plugin all in one SEO pack.

Baca Juga :   Cara Meningkatkan Kecepatan Internet PC dengan Mudah

Plugin berfungsi untuk mempermudah optimasi web di mesin pencari. Selain itu, masih ada banyak plugin lain yang bisa digunakan. Contohnya Akismet, Yoast SEO, W3 Total Cache dan Elementor Page Builder.

Akismet merupakan plugin gratis untuk mengelola komentar di website. Saat ada komentar yang masuk, maka akan difilter terlebih dahulu agar menghindari adanya spam pada website.

Plugin gratis Yoast SEO dapat membantu membuat sitemap menggunakan format XML, mengubah judul konten, menambah meta description dan lain-lain. Dengan demikian, konten yang dibuat bisa sesuai kaidah SEO.

Kelebihan menggunakan wordpress bisa mengelola cache website dengan mudah karena dilengkapi plugin W3 Total Cache. Dengan demikian, website bisa diakses lebih cepat. Selain itu, menghemat penggunaan bandwidth server.

Lalu, ada Elementor Page Builder yang mempermudah Anda mengubah tampilan website tanpa coding. Caranya tinggal melakukan drag and drop di bagian yang Anda inginkan.

Bagian-bagiannya juga lengkap seperti heading, social icons, image gallery dan lain-lain. Lalu, untuk meningkatkan keamanan wordpress juga memiliki plugin gratis bernama WordFence. Cara kerjanya dengan mendeteksi adanya malware.

Cara menginstal plugin sangat mudah karena tidak memerlukan keahlian khusus. Silahkan klik instal, lalu pilih aktifkan plugin. Kemudahan ini menjadi salah satu kelebihan menggunakan wordpress.

      7. Memiliki Banyak Developer

Di Indonesia banyak developer yang bisa membantu Anda untuk membangun sebuah website menggunakan platform WordPress. Para developer juga bisa membuat kostumisasi tema atau membuatkan desain sesuai keinginan.

Tema merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan. Hal ini karena hal pertama yang akan dilihat pengunjung website adalah layout atau tampilannya.

Apabila tampilannya menarik, maka pengunjung akan merasa nyaman untuk berlama-lama di sana. Oleh karena itu, desain tampilannya harus mampu menarik perhatian para pengunjung.

Baca Juga :   Beberapa Cara Meningkatkan Trafik Website yang Efektif

WordPress juga menawarkan tema yang jumlahnya banyak dan gratis. Namun, jika ingin memakai tema yang unik, maka harus membeli atau mengedit tema gratis.

      8. Struktur Permalink Mudah Dibaca

Kelebihan menggunakan wordpress adalah struktur permalink dapat diatur menyesuaikan judul artikel. Dengan demikian, setiap artikel akan mudah dibaca mesin pencari. Hal ini juga membantu SEO dari sebuah website.

      9. Kode HTML Bisa Diganti

Bagi pengguna wordpress.com maka kode HTML tidak bisa diubah lagi. Berbeda dengan wordpress.org yang mana kode html bisa disesuaikan dengan keinginan, namun harus memahami coding meskipun tidak harus ahli.

Setelah itu, tampilan web maupun blog baru bisa diubah sesuai selera masing-masing. Oleh karena itu, wordpress menjadi pilihan terbaik bagi pemula yang ingin membuat sebuah website tanpa ribet.

      10. CMS yang mudah Digunakan

Kelebihan menggunakan wordpress selain mudah digunakan, berbagai menunya juga cukup intuitif. Apabila mengalami kesulitan maka bisa mencari tutorialnya. CMS tersebut sangat populer sehingga banyak tutorial di internet.

Selain itu, banyak juga forum khusus wordpress yang akan membantu menyelesaikan berbagai masalah. Misalnya bertanya di support forum seperti wordpress.ors/support atau menggunakan wordpress.stackexchange.com.

      11. Terdapat Fasilitas Support Widget

Fasilitas support widget ini membantu dalam mengatur blok modul yang terdapat di footer atau side bar blog WordPress. Modul bisa ditambahkan pada sidebar. Lalu, widget dapat diatur sesuai keinginan.

Platform wordpress sangat populer karena memberikan berbagai penawaran menarik. Misalnya menyediakan banyak template dan plugin gratis. Masih banyak kelebihan menggunakan wordpress seperti bersifat mobile friendly dan mendukung SEO.

Beberapa Cara Meningkatkan Trafik Website yang Efektif

Beberapa Cara Meningkatkan Trafik Website yang Efektif

Wisata Taman Sriwedari Piknik Sekaligus Belajar Budaya

Wisata Taman Sriwedari Piknik Sekaligus Belajar Budaya