3 Cara Mengatasi Error 401 dari Sisi Browser

3 Cara Mengatasi Error 401 dari Sisi Browser

Error 401 merupakan salah satu masalah yang sering terjadi ketika mengakses sebuah website, lalu bagaimana cara mengatasi error 401? Lalu apa sebenarnya penyebab dari masalah ini.

Secara sederhana, kode 401 terjadi karena masalah autentikasi tidak valid. Biasanya terjadi karena faktor kredensial seperti salah memasukan ID ataupun kata sandi.

Beberapa Cara Mengatasi Error 401

Error 401 sendiri menunjukan jika kamu tidak bisa mengakses sebuah website karena tidak memiliki hak akses. Masalah hak akses sendiri bisa terjadi karena kesalahan username, kesalahan autentikasi, dan lainnya.

Yang jelas, kesalahan 401 ini sendiri akan terjadi pada website yang membutuhkan otorisasi untuk mengakses. Sehingga ketika kamu gagal mendapatkan otorisasi tersebut, maka pesan 401 akan muncul.

Lalu bagaimana mengatasi error 401 ini? Sebenarnya, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, seperti:

1. Periksa Penulisan Input

Dalam hal ini maka cara mengatasi error 401 yang perlu kamu lakukan adalah memastikan input yang kamu masukan sudah benar. Input itu sendiri bisa berupa alamat URL, username, ataupun kata sandi.

2. Bersihkan Cache Browser

Hal lainnya yang juga bisa kamu lakukan sebagai cara mengatasi masalah 401 adalah dengan membersihkan cache pada browser. Cache yang menumpuk akan menimbulkan masalah ketika melakukan request ke server.

Hal ini seringkali membuat respon browser menjadi lambat dan membuat proses autentikasi menjadi terganggu. Hal inilah yang nantinya membuat server menganggap jika kamu tidak memiliki hak untuk akses.

3. Nonaktifkan Plugin Security

Dalam beberapa kasus, plugin security memang bisa memblok beberapa situs berbahaya. Namun dalam banyak kasus juga plugin ini menjadi penyebab munculnya error 401.

Baca Juga :   11 Kelebihan Menggunakan Wordpress Harus Anda Ketahui

Hal ini bisa terjadi ketika plugin security yang kamu gunakan menganggap proses autentikasi tersebut sebagai sebuah ancaman. Nantinya browser akan mengabaikan proses tersebut sehingga proses autentikasi menjaga gagal.

Pada dasarnya, munculnya kode error 401 adalah untuk menunjukan jika kamu tidak memiliki hal untuk mengakses sebuah halaman. Namun pada prakteknya, hal ini juga bisa terjadi karena alasan lain.

Seringkali terjadi, kode ini muncul karena alamat yang dimasukan salah. Hal inilah alasan mengapa kamu juga perlu paham cara mengatasi error 401 dari sisi browser.

4 Cara Mengatasi Error 404 pada Browser dengan Mudah

4 Cara Mengatasi Error 404 pada Browser dengan Mudah

Keseruan di Tebing Breksi Jogja, Rekomended untuk Dikunjungi

Keseruan di Tebing Breksi Jogja, Rekomended untuk Dikunjungi