4 Cara Mengatasi Error 404 pada Browser dengan Mudah

4 Cara Mengatasi Error 404 pada Browser dengan Mudah

Banyak orang sering mengalami error 404, lalu bagaimana cara mengatasi error 404 pada browser? Bisa dibilang masalah 404 merupakan salah satu masalah yang paling sering muncul ketika sedang menggunakan internet.

Error 404 sendiri muncul ketika halaman website yang kamu minta tidak tersedia di server website. Biasanya hal ini muncul karena masalah pada layanan hosting ataupun konfigurasi DNS.

Bagaimana Cara Mengatasi Error 404 pada Browser?

Error 404 sendiri lebih sering terjadi pada sisi klien. Mungkin kamu juga pernah menemukan masalah ini. Jika terjadi kembali, maka ini adalah cara mengatasi error 404 di browser.

1. Restart Browser

Cara paling mudah dan cepat untuk mengatasi error 404 pada browser adalah dengan melakukan restart pada browser yang kamu gunakan. Setelah itu, kamu bisa memulainya lagi dan membuka dari awal.

Restart sendiri bertujuan untuk memastikan tidak ada antrian yang menumpuk. Hal ini mungkin terjadi ketika browser banyak membuka tab atau sudah digunakan dalam waktu yang lama.

2. Hapus Cache Browser

Cache pada browser memang berfungsi untuk membantu dan memudahkan akses ke website tertentu. Namun ketika terlalu banyak dan menumpuk, maka kemungkinan yang akan terjadi adalah browser salah melakukan panggilan.

Hal ini bisa terjadi terutama jika website tersebut melakukan update. Maka cara untuk mengatasi error 404 karena hal ini adalah dengan menghapus cache yang ada.

3. Cek Ulang URL

Masalah ini juga bisa muncul ketika kamu salah memasukan alamat. Kesalahan ini cukup umum sehingga server tidak bisa menemukan website yang kamu tuju. Maka sebaiknya, lakukan cek ulang URL jika terjadi masalah ini.

Baca Juga :   Kelebihan Macbook Air untuk Mahasiswa 2022

Kesalahan nama juga biasanya akan membuat request access langsung ditolak. Sehingga biasanya pesan kesalahan 404 tidak muncul, namun akan muncul notifikasi untuk pengecekan ulang alamat URL

4. Akses di Perangkat Lain

Cara ini untuk memastikan di mana masalah terjadi. Jika menggunakan perangkat lain tetap tidak bisa terakses, maka besar kemungkinan masalah terjadi pada sisi server.

Namun jika menggunakan perangkat lain bisa terakses, maka masalah terjadi pada sisi klien. Cara yang bisa kamu lakukan adalah menghapus cache pada browser perangkat yang tidak bisa mengakses.

Error 404 sendiri sangat mungkin terjadi karena kesalahan hosting, jika hal ini terjadi maka sisi server yang akan melakukan perbaikan. Error 404 sendiri merupakan masalah umum yang sering terjadi.

Masalah ini cukup mengganggu terutama untuk optimalisasi SEO. Inilah mengapa kamu perlu memastikan konfigurasi DNS dengan tepat sebagai langkah untuk mengatasi error 404 pada browser.

3 Cara Memilih Laptop agar Sesuai dengan Kebutuhan

3 Cara Memilih Laptop agar Sesuai dengan Kebutuhan

3 Cara Mengatasi Error 401 dari Sisi Browser

3 Cara Mengatasi Error 401 dari Sisi Browser