4 Cara Screenshot di Laptop Simple dan Cepat

4 Cara Screenshot di Laptop Simple dan Cepat

Bagaimana cara screenshot di laptop? Jadi screenshot itu sendiri digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk membuat konten video yang menyertakan tangkapan layar, berbagi dengan teman, dan masalah pekerjaan.

Mengambil screenshot di laptop sendiri sangatlah mudah, apalagi jika kamu menggunakan sistem operasi windows. Kamu dapat memilih dari berbagai metode tangkapan layar di laptop, tergantung pada preferensi saja. Simak penjelasan di bawah ini untuk mempelajari beberapa teknik yang mudah.

Bagaimana Cara Screenshot di Laptop yang Benar ?

Ada cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk bisa screenshot di laptop. Berikut adalah beberapa cara yang harus kalian pahami, sehingga tidak akan kesulitan kedepannya.

  1. Menggunakan tombol print screen 

Tombol print screen pada keyboard adalah cara sederhana dan cepat pertama untuk mengambil screenshot di laptop. Ada banyak cara untuk mengambil screenshot di laptop menggunakan tombol print screen.  Namun screenshot tidak akan disimpan secara otomatis sebagai file. Hasil tangkapan harus disimpan terlebih dahulu ke clipboard.

  1. Tombol alt + prtsc atau windows key + prtsc

Tombol alt + prtsc atau windows key + prtscn adalah cara selanjutnya untuk mengambil screenshot di laptop. Kedua teknik ini dapat menangkap gambar untuk penyimpanan segera. Satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah bahwa kunci windows + prtsc akan memandu kamu ke folder gambar selama proses penyimpanan, sementara alt + prtsc akan mentransfer tangkapan ke Windows onedrive.

  1. Menggunakan shortcut windows key + shift + s

Dengan shortcut windows key + shift + s kamu dapat mengambil screenshot di laptop dengan cepat dan mudah. Nantinya, layar akan redup dan mouse akan berubah menjadi kursor untuk menangkap gambar yang kamu inginkan.

Anda juga dapat menyesuaikan berbagai model pemotretan, dan tangkapan layar akan disalin ke papan klip saat memilih dan mengambilnya. Tangkapan layar kemudian dapat ditempelkan ke program atau aplikasi lain.

  1. Menggunakan aplikasi snipping tool 
Baca Juga :   Netflix Game Seluler yang Unik dan Menarik untuk Dicoba

Snipping tool adalah aplikasi pihak ketiga yang bisa kalian gunakan untuk screenshot dengan mudah. Namun, sistem operasi Windows 10 versi terbaru diperlukan untuk mengambil screenshot pada laptop.

Aplikasi ini dapat diunduh dengan kw”snipping tool” di kotak pencarian, lalu diinstal di PC . kamu dapat menggunakan snipping tool untuk memproses tangkapan layar dalam bentuk persegi panjang yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan setelah kamu berhasil membukanya.

Setelah itu kamu dapat menyimpan snapshot secara manual. Kamu harus mencoba salah satu cara screenshot di laptop yang kami jelaskan, sehingga proses belajar atau bekerja menjadi lebih nyaman.

Profil dan Biodata Vino G Bastian, Suami dari Marsha Timothy

Profil dan Biodata Vino G Bastian, Suami dari Marsha Timothy

Kelebihan Macbook Air untuk Mahasiswa 2022

Kelebihan Macbook Air untuk Mahasiswa 2022