5 Cara Memilih Harddisk Eksternal untuk Mendapatkan Kualitas Terbaik

5 Cara Memilih Harddisk Eksternal untuk Mendapatkan Kualitas Terbaik

Sebagian orang mungkin akan membutuhkan cara memilih harddisk eksternal. Kebutuhan akan penyimpanan data memang menjadi salah satu faktor pendukung penting yang saat ini dibutuhkan banyak orang.

Meskipun penggunaan cloud sudah semakin luas, namun sebagian orang masih memilih untuk memback up data mereka secara online. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa masih banyak orang membutuhkan harddisk eksternal.

Cara Memilih Harddisk Eksternal dengan Kualitas Terbaik

Alasan lain mengapa masih banyak orang yang menggunakan harddisk eksternal adalah karena harganya yang relatif murah. Untuk mendapatkan harddisk eksternal dengan kualitas yang baik, berikut adalah beberapa cara memilih harddisk eksternal

1. Sesuaikan Kapasitas dengan Kebutuhan

Masalah kapasitas adalah hal pertama yang perlu kamu perhatikan. Pastikan kamu membeli hardddisk eksternal yang sesuai dengan kebutuhan, pastikan tidak kurang dengan apa yang kamu butuhkan.

Masalah kapasitas ini juga akan berkaitan langsung dengan harga. Semakin besar kapasitasnya maka biasanya harganya juga akan semakin mahal. Saat ini, kapasitas yang populer digunakan berkisar antara 500 GB sampai 2 TB.

2. Kecepatan Harddisk

Cara memilih harddisk eksternal lainnya adalah dengan memperhatikan kecepatan harddisk. Dalam hal ini, semakin cepat kecepatannya maka akan semakin cepat juga harddisk tersebut memproses data yang ada di dalamnya.

Kecepatan harddisk sendiri biasa ditulis dengan satuan RPM. Rata-rata harddsik yang dijual saat ini memiliki kecepatan 5400 RPM. Sementara jika kamu membutuhkan harddisk yang lebih cepat, maka kamu bisa memilih kecepatan 7200 sampai 10000 RPM.

Baca Juga :   Rekomendasi STB TV Murah Berkualitas di Bawah 400 Ribu

3. Kecepatan Transfer Data

Cara memilih harddisk eksternal lainnya adalah dengan memperhatikan kecepatan transfer data. Cara ini akan terlihat ketika kamu memindahkan file dari atau ke dalam harddisk tersebut. Semakin cepat tentu saja semakin baik.

4. Cache Size

Cache size sendiri merupakan memory sementara yang akan digunakan harddisk ketika sedang membaca ataupun menulis sebuah data. Hal ini menjai penting terutama jika harddsik tersebut akan sering digunakan.

Semakin besar cache size maka akan semakin cepat juga proses membaca dan menulis yang dilakukan harddisk. Hal ini tentu akan semakin baik, karena kerja pemrosesan data akan semakin cepat.

5. Garansi

Hal yang tidak kalah penting ketika membeli harddisk eksternal adalah memeriksa garanasi. Hal ini sebagai langkah antisipasi jika terjadi sesuaitu pada perangkat tersebut. Akan lebih baik untuk membeli perangkat dengan masa garansi yang cukup lama.

Seberapa Penting Harddisk Eksternal

Untuk kamu yang membutuhkan data dimanapun, maka penggunaan harddisk eksternal sudah pasti sangat kamu butuhkan. Perangkat ini bisa membawa semua data yang kamu butuhkan dengan mudah.

Bahkan meskipun tanpa koneksi internet, kamu tetap bisa mengakses data tersebut dengan cepat. Cara memilih harddisk eksternal dengan baik akan sangat kamu butuhkan untuk alasan ini.

3 Cara Update Wordpress dengan Mudah

3 Cara Update WordPress dengan Mudah

3 Cara Memilih Laptop agar Sesuai dengan Kebutuhan

3 Cara Memilih Laptop agar Sesuai dengan Kebutuhan