5 Tips Kaya Raya Tanpa Gaji yang Harus Kamu Coba

5 Tips Kaya Raya Tanpa Gaji yang Harus Kamu Coba

Siapa yang tidak mau jadi kaya raya tanpa gaji? Semua orang pasti menginginkannya apalagi jika gajinya lebih dari 2 digit. Kalau kamu penasaran dan ingin tahu bagaimana caranya, intip kaya raya tanpa memiliki gaji berikut ini!

Meskipun tidak punya gaji dengan nominal mentereng, sebenarnya kamu tetap bisa mengumpulkan kekayaan dengan cara berikut ini.

5 Tips Kaya Raya Tanpa Gaji

Mengelola keuangan bisa dilakukan dengan strategi tepat sehingga bisa membantu mengubah gaji menjadi miliaran. Berikut ini caranya.

1. Menabung Sedini Mungkin

Masa muda adalah masa di mana kamu memiliki banyak waktu. Semakin cepat mulai menabung, maka akan semakin sedikit jumlah uang tabungan yang harus dikumpulkan ke depannya.

Misalnya kamu menabung 3 juta perbulan di usia 23 tahun. Pada usia 53 Tahun jumlah tabungan mu sudah terkumpul 1 miliar dengan asumsi pengembalian investasi tahunan rata-rata 6%.

Tetapi, lain ceritanya jika mulai menabung di usia 35 tahun, maka kamu harus menyisihkan 5 juta setiap bulannya untuk mencapai jumlah yang sama yaitu 1 miliar pada usia 55 tahun.

2. Investasi Dana

Berkomitmen menginvestasikan uang dengan tetap konsisten melakukan kebiasaan ini sehingga rasanya seperti otomatis menabung dengan cara investasi. Ini artinya jika kamu memiliki uang gaji, investasikan setiap bulan.

Banyak orang yang sudah berhasil komitmen investasi sehingga mereka bisa pensiun di usia muda. Tips ini juga membantu menghemat waktu dan energi bertahun-tahun.

Jadi, kamu tidak perlu membuat keputusan ke mana uang kamu harus pergi dan berapa banyak yang harus diinvestasikan dan dibelanjakan, karena kamu sudah cukup kuat secara finansial akibat dari berinvestasi sejak muda.

Baca Juga :   Mencegah Wajah Berkerut, Ini Tips untuk Terlihat Awet Muda

3. Membatasi Pengeluaran di Tiga Pos Utama

Mayoritas orang menghabiskan 70% keuangan mereka untuk 3 pos pengeluaran, yaitu:

  • Rumah
  • Makan
  • Transportasi

Kalau bisa membatasi pengeluaran di tiga pos utama tersebut, kamu bisa menghemat lebih banyak.

4. Cari Sumber Penghasilan Lain

Membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa kaya raya hanya dari satu sumber pendapatan. Jika ingin dapat lebih banyak, maka kamu harus menambah aliran sumber lainnya.

Memiliki banyak sumber pendapatan bisa dengan menyewakan barang, pasive income, bisnis, atau pekerjaan sampingan.

5. Buat Target dan Rencana Spesifik

Kaya raya tanpa gaji selanjutnya yaitu membuat tujuan yang jelas, rencana yang spesifik, serta tenggat waktu yang tegas. Hitunglah berapa dana yang dibutuhkan, kapan dana tersebut harus terkumpul, strategi apa yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Agar tujuan kamu bisa tercapai, pastikan target tersebut realistis dan bisa dilakukan. Lakukan perhitungan tepat untuk menciptakan kemungkinan dan bagaimana strateginya. Tips kaya raya tanpa gaji di atas bisa kamu lakukan sekarang juga, jangan ditunda-tunda.

3 Pola Makan Sehat untuk Melunturkan Lemak Perut

3 Pola Makan Sehat untuk Melunturkan Lemak Perut

Olahraga untuk Wanita Karir Dijamin Menghemat Waktu

Olahraga untuk Wanita Karir Dijamin Menghemat Waktu