Beberapa Cara Meningkatkan Trafik Website yang Efektif

Beberapa Cara Meningkatkan Trafik Website yang Efektif

Cara meningkatkan trafik website harus Anda ketahui karena dapat mempengaruhi kelancaran bisnis. Trafik website merupakan orang yang berkunjung ke sebuah situs menggunakan url di browser.

Pemilik website selalu berharap websitenya dibanjiri oleh pengunjung. Toko online Anda memerlukan trafik tinggi agar pengunjung bisa dikelola menjadi pelanggan. Apabila jumlah pengunjung meningkat, maka produk semakin dikenal banyak orang.

Hal ini sangat menguntungkan karena dapat meningkatkan penjualan produk. Banyak cara untuk meningkatkan trafik dengan cepat. Anda bebas memilih cara yang efektif untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Cara Meningkatkan Trafik Website yang Wajib Anda Ketahui

Berikut ini merupakan beberapa cara efektif dan dapat dipilih untuk membantu meningkatkan jumlah trafik. Tampilan website juga harus menarik agar nantinya pengunjung tergerak membeli produk.

       1. Mengunggah Konten Bermanfaat

Banyak orang yang mengakses website untuk mencari informasi. Oleh karena itu, Anda harus membuat banyak konten bermanfaat agar memenuhi kebutuhan pengguna sehingga nanti akan berkunjung kembali ke situs Anda.

Konten tersebut harus memiliki kata kunci yang berkaitan dengan layanan maupun produk Anda. Selain itu, Anda dapat memperluas kata kunci agar artikel semakin bermanfaat bagi pengunjung.

       2. Melakukan Optimasi SEO

Cara meningkatkan trafik website selanjutnya adalah dengan memperhatikan SEO. Optimasi SEO dilakukan agar konten bisa dengan mudah ditemukan pada mesin pencari sehingga Anda wajib menerapkan cara ini pada website.

SEO berfungsi membantu website Anda untuk muncul di peringkat pertama mesin pencari. Dengan demikian, akan mempermudah orang lain menemukan konten yang diunggah.

Cara mengoptimalkan SEO website yaitu dengan menuliskan konten yang bersifat informatif. Lalu, gunakan judul dan deskripsi menarik. Dengan demikian, akan meningkatkan rasa ingin tahu pengguna internet.

Panjang deskripsi sebaiknya antara 20 hingga 180 karakter. Anda harus mengawali deskripsi dengan kata kunci. Tambahkan juga gambar deskriptif yang relevan dengan konten dan manfaatkan juga tautan internal.

Baca Juga :   5 Cara Memilih Harddisk Eksternal untuk Mendapatkan Kualitas Terbaik

Cara meningkatkan trafik website yaitu dengan meletakkan tautan ke dalam artikel dengan baik. Tautan internal merupakan tautan yang diarahkan ke halaman lain pada situs yang sama.

Dengan demikian, pengunjung akan merasakan lebih banyak manfaat. Hal ini karena pengguna internet bisa membaca satu artikel ke artikel lainnya dengan mudah sehingga semakin banyak informasi yang diperoleh.

       3. Mengindeks URL dengan Google

Google mempunyai bot, tugasnya adalah mengunjungi web dan mengevaluasi URL. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah isi halaman web sudah sesuai atau belum dengan standar algoritma google.

Apabila sudah sesuai, maka link tautan website akan diizinkan untuk muncul pada hasil pencarian google. Apabila tidak ada pengunjung, bisa jadi karena Anda belum melakukan indeks halaman ke google.

Oleh karena itu, cara meningkatkan trafik website ini tidak boleh terlewatkan. Dengan demikian, situ web akan mendapatkan peringkat lebih baik sehingga trafik juga akan meningkat.

       4. Mengatur Kecepatan Loading

Kecepatan loading juga harus dioptimalkan agar mengurangi bounce rate. Selain itu, bisa membuat pengunjung semakin betah berada di website Anda. Pengunjung hanya memerlukan waktu 5 detik untuk mengambil keputusan.

Jika loadingnya lambat, maka akan memberikan pengalaman buruk bagi pengunjung. Hal ini bisa berakibat fatal karena akan menurunkan peringkat maupun kualitas web di mesin pencari.

Oleh karena itu, pastikan kecepatan loading lebih bagus dari kompetitor sehingga trafik akan meningkat. Caranya dengan menyewa hosting terbaik dan memiliki infrastruktur arsitek server yang bagus.

       5. Mengaplikasikan Backlink

Cara meningkatkan trafik website juga dapat dilakukan dengan membuat backlink. Backlink merupakan aktivitas menautkan situs web ke website lain. Backlink harus diletakkan pada situs besar.

Baca Juga :   4 Cara Mengatasi Error 404 pada Browser dengan Mudah

Tujuannya agar semakin mendatangkan banyak pengunjung pada situs web Anda. Pastikan situs web yang dipilih mempunyai reputasi baik agar trafik meningkat secara signifikan.

       6. Membagikan Situs Web ke Media Sosial

Trafik bisa diperoleh dari berbagai media sosial. Oleh karena itu, Anda harus rajin membagikan situs web yang dimiliki ke media sosial seperti twitter, facebook, instagram dan lain sebagainya.

Media sosial merupakan platform yang memiliki jumlah pengguna banyak. Oleh karena itu, harus Anda manfaatkan untuk berbagi konten menarik yang akan mendatangkan pengunjung lebih banyak.

Cara meningkatkan trafik website ini sangat efektif karena mudah untuk dilakukan. Anda cukup memasukkan tautan situs web setiap kali memposting status ke facebook atau instagram.

Selain itu, bisa dengan membagikan konten di berbagai halaman fanspage. Link website juga dapat dilampirkan pada deskripsi youtube atau akun resmi linkedin, twitter dan lain-lain.

       7. Menerapkan Email Marketing

Email menjadi salah satu alat yang efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung web. Strategi email marketing juga mudah untuk diterapkan, yaitu menggunakan alamat email dari pelanggan.

Silahkan buat ringkasan konten yang menarik lalu dikirim ke pelanggan melalui email. Jangan lupa melampirkan link tautan untuk mengajak pelanggan membaca informasi lebih lengkap.

       8. Menggunakan Iklan Berbayar

Cara meningkatkan trafik website berikutnya adalah dengan memanfaatkan layanan iklan berbayar. Cara tersebut efektif karena situs web akan dikenal lebih banyak orang dengan cepat sehingga trafiknya meningkat.

Dalam hal ini Anda harus menyiapkan sejumlah dana untuk beriklan. Besarnya dana tergantung pada tujuan promosi. Semakin banyak dana yang dikeluarkan tentu peluang menambah jumlah pengunjung lebih besar.

Baca Juga :   3 Cara Update Wordpress dengan Mudah

       9. Memakai Jasa Influencer

Alternatif lainnya yaitu dengan menggunakan influencer. Hal ini pasti menguntungkan bisnis Anda karena semakin banyak orang yang akan mengetahui situs web dan berkunjung ke sana.

Cara meningkatkan trafik website tersebut sangat mudah, misalnya dengan menandai influencer di berbagai postingan media sosial. Selain itu, meminta influencer melakukan wawancara atau membuat podcast.

Jangan lupa pada postingan konten tersebut influencer harus menandai akun media sosial maupun link website Anda. Dengan demikian, semakin banyak lagi orang yang akan mengunjungi situs web.

Selain itu, bisa juga membayar influencer agar melakukan paid promote pada akun media sosial yang dimiliki. Semua cara tersebut terbukti efektif menambah pengunjung web dengan cepat.

       10. Memperbaiki SEO

Cara meningkatkan trafik website tidak hanya dilakukan menggunakan sosial media, melainkan bisa memperoleh secara organik. Misalnya dengan memperbaiki kualitas SEO agar menjadi lebih baik lagi.

Jenisnya ada 2, yaitu SEO off page dan SEO on page. SEO on page merupakan salah satu cara optimasi menggunakan konten yang terbit di halaman website maupun blog.

Hal ini mencakup URL, judul, heading, isi artikel dan media yang ada di artikel. Optimasi juga perlu Anda lakukan di luar website. Optimasi tersebut dikenal sebagai SEO off page.

Elemen yang dioptimasi pada SEO off page akan berpengaruh terhadap ranking website pada hasil pencarian. Contohnya adalah menerapkan backlink dan membagikan ke media sosial.

10 cara di atas dapat Anda praktekkan agar jumlah pengunjung situs web meningkat. Cara meningkatkan trafik website tersebut sangat mudah dipraktekkan dan pasti berhasil.

Cara Mudah Membuat Website Toko Online Memakai Wordpress

Cara Mudah Membuat Website Toko Online Memakai WordPress

11 Kelebihan Menggunakan Wordpress Harus Anda Ketahui

11 Kelebihan Menggunakan WordPress Harus Anda Ketahui