Belajar Menghargai Orang Lain Bisa Diterapkan Sejak Dini

Belajar Menghargai Orang Lain Bisa Diterapkan Sejak Dini

Belajar menghargai orang lain dapat diterapkan sejak dini kepada anak – anak. Dambaan dari setiap orang tua ialah mempunyai anak yang mampu menghargai orang lain baik tua maupun muda.

Pembentukan karakter pada anak tentu harus dilakukan sedari dini, ketika mereka sedang dalam fase mudah diajarkan hal – hal baru dalam kehidupan. Anak yang sudah masuk ke fase tersebut tentu jauh lebih mudah untuk diajari bagaimana caranya menghargai manusia lainnya.

Tips Belajar Menghargai Orang Lain bagi Si Buah Hati

Untuk proses menghargai orang lain tentu menjadi salah satu aspek paling penting dalam hal mendidik si buah hati serta berperilaku menghargai dapat dimulai di rumah. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam mengajarkan anak supaya menghargai orang lain, antara lain :

1. Tunjukkan Perilaku Menghargai di Rumah

Orang tua menjadi salah satu contoh dan teladan bagi anak. Disini, Anda bisa mulai dengan mendengarkan segala macam percakapan setiap hari. Selama komunikasi berlangsung, pastikan Anda pun menatap mata dari sang buah hati serta menjelaskan bahwa sedang tertarik dengan apa yang mereka ceritakan.

2. Ajari Cara Menanggapi dengan Sopan Santun

Si kecil bisa juga menunjukkan rasa peduli secara belajar menghargai orang lain dengan berperilaku yang baik. Pada usia tersebut, Anda bisa mengajarkan bagaimana meminta tolong maupun mengucapkan terima kasih secara teratur.

3. Tidak Perlu Berikan Reaksi Berlebihan

Apabila Anda pernah mengatakan sesuatu yang kurang pantas, tidak perlu untuk langsung memarahinya. Anda bisa lakukan koreksi dengan cukup sabar. Cari tahu ia belajar dari mana serta berikan penjelasan bahwa kata tersebut tidak baik untuk diutarakan.

Baca Juga :   Ini Dia Cara Mengatasi Anak Rewel, Tidak Perlu Pakai Emosi

4. Ajari Tentang Perbedaan

Mungkin banyak orang tua yang merasa jauh lebih menyenangkan pada saat si buah hati selalu memenuhi permintaan mereka. Seperti halnya saat anak sedang bercerita penuh dengan emosi mengenai teman yang tidak ingin diajak main bersama, sebagai orang tua Anda bisa berikan alasan tersebut. Disini, orang tua memiliki peran untuk mengajarkan perbedaan pada anak.

5. Tentukan Batasan Diri

Salah satu cara terbaik untuk belajar menghargai orang lain serta menerapkannya ialah dengan bersikap baik serta tegas ketika dibutuhkan. Sikap baik ini yang artinya menghormati si kecil, tegas juga menunjukkan bahwa ada rasa hormat pada apa yang sedang dibutuhkan.

Semisalnya ketika sedang jalan ke mall dan melihat mainan, anak melemparkan mainan sebagai bentuk ekspresi marah karena Anda tidak setuju pada pilihannya. Tentu saja Anda tidak perlu marah balik, segera keluar dari toko dan kembali lagi ketika sudah merasa tenang.

6. Berikan Pujian Saat Anak Menunjukkan Perilaku Belajar Menghargai Orang Lain

Berikan pujian secara detail mengenai perilaku yang sudah dilakukan oleh si kecil. Dibandingkan Anda melontarkan kata ‘’bangga padamu’’, mungkin bisa diganti dengan kata ‘’Terima kasih telah meminta tolong saat kamu ingin dimasakin’’. Pujian dari orang tua ternyata mampu meningkatkan rasa percaya diri kepada anak sebagai bentuk penghargaan kepada mereka.

Tentu saja anak juga butuh waktu agar bisa mengembangkan karakter yang positif agar bisa diterima oleh lingkungan. Oleh sebab itulah, diperlukan proses belajar yang panjang dan terus menerus serta dicontohkan langsung oleh kedua orang tua.

Karakter yang dibangun pada anak memang harus ditentukan sedari dini. Belajar menghargai orang lain pun menjadi salah satu pembelajaran yang bisa diterapkan di rumah bersama dengan anggota keluarga lainnya.

Baca Juga :   Solo Heritage Palace Nuansa Eropa Abad 20
Berbagai Ide Pakaian untuk ke Pantai yang Fashionable

Berbagai Ide Pakaian untuk ke Pantai yang Fashionable

Dampak Negatif Pemberian Reward Kepada Anak Perlu Dipahami

Dampak Negatif Pemberian Reward Kepada Anak Perlu Dipahami