Cara Membuat Anak Lebih Percaya Diri dan Berani

Cara Membuat Anak Lebih Percaya Diri dan Berani

Jika terus didorong untuk melakukan banyak hal, tentu akan membuat anak lebih percaya diri dan berani dalam menjalani sesuatu. Hal ini juga berperan besar pada proses adaptasi mereka dengan lingkungan baru.

Seperti saat memasuki bangku sekolah, anak yang percaya diri biasanya akan lebih mudah berkenalan dan mencari teman. Dengan begitu, mereka bisa cepat beradaptasi dan tidak lagi bergantung pada orang tuanya.

Untuk bisa menumbuhkan rasa percaya diri sejak dini, tentu dibutuhkan peran orang tua dalam setiap tumbuh kembangnya. Berikut ini akan dibahas beberapa cara untuk menanamkan rasa percaya diri anak.

Cara Menjadikan Anak Lebih Percaya Diri

Setiap orang tua tentu ingin anaknya tumbuh menjadi individu yang percaya diri dan berani dalam menjalani hal-hal baru. Agar hal itu bisa tercapai, beberapa cara berikut bisa Anda terapkan pada si kecil:

     1. Dorong Anak untuk Berani Mengungkapkan Perasaannya

Untuk menumbuhkan rasa percaya diri, Anda harus selalu memberikan dorongan agar mereka berani mengungkapkan perasaannya. Pastikan rasa takut dan ragu pada diri si kecil bisa Anda hilangkan.

Dengan begitu, si kecil akan lebih berani dalam menyatakan sesuatu. Sebagai orang tua, Anda sebaiknya memberikan pengarahan dan bukan menyalahkan jika sesuatu yang mereka ungkapkan adalah salah.

     2. Berikan Pujian pada Setiap Usahanya

Cara membuat anak lebih percaya diri selanjutnya adalah dengan memberi pujian pada sesuatu yang mereka lakukan. Hal itu akan mendorong si kecil untuk lebih berani melakukan banyak hal.

Baca Juga :   Peran Ayah Mengasuh Anak Sejak Dini yang Perlu Diketahui

Contoh kecil adalah ketika anak sudah berani untuk disuntik, maka Anda bisa memberikan pujian atau penghargaan atas keberaniannya. Dengan begitu, si kecil akan lebih bersemangat dan berani mencoba hal baru lainnya.

     3. Berikan Contoh pada Anak

Agar anak lebih percaya diri, Anda juga bisa menumbuhkannya dengan selalu memberikan contoh atau menjadikan sosok tertentu sebagai role model seperti atlet, musisi, atau tokoh lain yang dikagumi si kecil.

Meski masih berusia dini, buah hati Anda sudah bisa memperhatikan dan mulai meniru tokoh tertentu. Oleh karena itu, tumbuhkan rasa percaya diri mereka melalui sosok Anda sendiri atau tokoh tersebut.

     4. Ajarkan Anak untuk Berinteraksi dengan Orang Lain

Berinteraksi dengan orang lain adalah salah satu cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada diri si kecil. Pasalnya, semakin sering ia berinteraksi dengan orang lain, maka semakin mudah baginya untuk beradaptasi.

Dari situ, rasa percaya dirinya akan semakin tumbuh dari hari ke hari. Hal itu juga akan memudahkannya untuk berbaur dengan lingkungan baru. Anda bisa mulai mengenalkannya pada saudara atau tetangga di rumah.

     5. Beri Tanggung Jawab Pada Tugas Tertentu

Memberikan kepercayaan atau tanggung jawab secara tidak langsung dapat membuat anak lebih percaya diri. Ia akan merasa dibutuhkan dalam melakukan tugas-tugas tertentu, apalagi jika diberi pujian setelahnya.

Hal ini bisa Anda terapkan pada anak yang sudah memasuki usia 6 hingga 7 tahun seperti belanja di warung, mencuci sendiri piring yang dipakai, atau merapikan sendiri tempat tidurnya.

     6. Mengarahkan Anak untuk Bisa Mengambil Keputusan

Salah satu hal yang juga membuat anak lebih percaya diri adalah membuatnya bisa mengambil keputusan sendiri. Dalam memutuskan sesuatu, minta si kecil untuk ikut berdiskusi dan membuat keputusan.

Baca Juga :   Solo Heritage Palace Nuansa Eropa Abad 20

Dari keputusan yang sudah ia buat, tentu Anda harus memintanya untuk bertanggung jawab atas pilihan tersebut. Salah satu contohnya adalah menentukan jam bermainnya dan juga jam belajarnya.

Banyak anak yang tumbuh menjadi seorang yang pemalu karena tidak pernah dilatih untuk mengungkapkan sesuatu. Dengan melatihnya sejak dini akan membuat anak lebih percaya diri dan berani akan hal-hal baru.

Mengenal Pola Asuh Orang Tua dan Dampaknya pada Anak

Mengenal Pola Asuh Orang Tua dan Dampaknya pada Anak

Cara Membangun Keluarga Harmonis, Bikin Betah di Rumah

Cara Membangun Keluarga Harmonis, Bikin Betah di Rumah