Cara Mengatasi HP Lambat saat Digunakan Bermain Game

Cara Mengatasi HP Lambat saat Digunakan Bermain Game

Informasi mengenai cara mengatasi HP Lambat pasti diperlukan beberapa orang, apalagi untuk pemain Game. HP lambat memang sangat meresahkan karena membuat kita jadi tidak nyaman saat menggunakannya. Lambatnya HP bisa disebabkan oleh memori dan aplikasi yang berat.

Jika masalah itu disebabkan oleh HP Anda sendiri, maka Anda bisa mengatasinya sendiri. Namun jika masalah itu karena aplikasi yang berat, mungkin HP memang tidak kuat menampungnya. Di sini, Anda hanya bisa pasrah dan mencari HP baru yang lebih kuat untuk menggunakan aplikasi.

Mengikuti perkembangan teknologi yang ada, aplikasi terberat biasanya game. Ukuran dan juga spesifikasinya tinggi sehingga Game bisa lambat karena tidak kuat menampungnya. Anda harus tahu, cara mengatasi HP lambat hanya berlaku untuk perangkat yang bisa ditangani.

Dengan spesifikasi yang mumpuni, masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Namun untuk HP yang spesifikasinya rendah, sebaiknya Anda jangan paksakan untuk bermain aplikasi berat. Jika terus dipaksakan, sistemnya akan mengalami kendala sehingga kerusakan bisa terjadi kapan saja.

Ketahui Spesifikasi HP sebelum Bermain Game

Setiap Game pasti memiliki syarat atau batas minimum spesifikasi yang harus diikuti. Syarat itu sudah ditetapkan oleh developer untuk mencegah terjadinya kerusakan akibat sistem terbebani. Spesifikasi HP bisa dilihat dari CPU (Prosesor), GPU (Kartu Grafis), RAM dan Kapasitas Memori.

CPU Prosesor HP ada beraneka ragam jenisnya mulai dari Snapdragon, Samsung Exynos, Nvidia Tegra, Kirin, Mediatek dan Bionic Apple. Setiap CPU tentu memiliki spesifikasinya sendiri-sendiri. Meski begitu, cara mengatasi HP lambat tetap sama sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Selama HP masih dalam batas spesifikasi yang mumpuni, masalah lambat dan berat dapat diatasi. Selain CPU, GPU juga menjadi komponen penting yang harus dipertimbangkan. Kartu Grafik ini fungsinya krusial dalam bermain game, karena menentukan tampilan yang ada.

Baca Juga :   3 Cara Update Wordpress dengan Mudah

Jika ingin gambarnya jelas, GPU HP Anda harus bagus dan kuat. Lancarnya permainan juga sering diakibatkan oleh GPU yang kuat dalam memproses grafik permainan. Kedua komponen tersebut juga tidak akan bekerja secara optimal tanpa RAM yang memadai untuk bermain.

RAM digunakan untuk menyimpan data sementara ketika aplikasi digunakan. Untuk video game, RAM menjadi kunci melancarkan dan mengoptimalkan performa ponsel. Cara mengatasi HP lambat nantinya akan membahas mengenai pengelolaan RAM agar tidak menumpuk.

Jadi tiga komponen tersebut harus dipertimbangkan ketika Anda ingin bermain game. Tanpa itu, performa game akan menurun sehingga menyebabkan HP menjadi lambat. Langsung saja, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk meringankan performa HP di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Lambat dengan Menggunakan Aplikasi

Tentu saja, Anda perlu aplikasi untuk dapat mengatasi masalah pada HP. Penggunaan aplikasi ini bertujuan untuk meringankan sistem agar tidak terbebani dengan performa permainan. Berikut aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk meringankan beban HP secara langsung.

  1. CC Cleaner

Aplikasi ini digunakan untuk menghapus data yang tidak dibutuhkan oleh ponsel. Dengan CC Cleanser, HP jadi lebih ringan sehingga performanya menjadi optimal. Anda bisa dapatkan CC Cleaner di Playstore untuk HP Android dan App Store HP Apple secara gratis.

Jika performanya ingin lebih meningkat, CC Cleaner memiliki versi berlangganan. Jangkauan pembersihannya lebih besar sehingga HP Anda jadi semakin optimal kinerjanya.

  1. Clean Master

Kedua terdapat Clean Master yang menjadi antivirus sekaligus pembersih seperti CC Cleaner. Dengan aplikasi ini Anda bisa membersihkan perangkat dari virus berbahaya. Cara mengatasi HP Lambat menggunakan aplikasi ini mudah, cukup bersihkan berkas tidak berguna.

Setelah berkas dibersihkan, lanjutkan dengan scan Antivirus ke HP Anda. Prosedur ini Anda lakukan untuk mengurangi beban ponsel secara langsung.

  1. Speed Booster
Baca Juga :   Windows Administrative Tools Jadi Pusat Informasi Komputer

Ketiga, aplikasi Speed Boster bisa digunakan untuk mempercepat HP dengan membersihkan RAM. Pembersihan RAM digunakan untuk mengurangi kinerja sistem HP di balik layar. Hal ini juga bisa menyebabkan temperatur CPU jadi cepat menurun karena RAM dikosongkan.

Ukurannya yang kecil menjadi kelebihan aplikasi Speed Booster. Anda bisa menghemat lebih banyak ruang ketika aplikasi Booster itu berukuran kecil.

  1. Game Booster

Selanjutnya ada Game Booster yang bisa mempercepat performa permainan di HP. Sesuai cara mengatasi HP lambat untuk game, aplikasi ini sangat direkomendasikan. Aplikasi bekerja dengan cara mengurangi beban di latar belakang saat permainan dijalankan.

Dengan menghapus data sampah dan menghilangkan aplikasi tidak berguna, HP bisa bekerja secara optimal. Game Booster juga sangat ringan karena ukurannya hanya 6Mb saja.

  1. Game Launcher

Terakhir aplikasi bernama Game Launcher yang memiliki interface sendiri. Aplikasi ini dapat mengelola kondisi HP ketika Anda sedang bermain Game. Contoh cara kerjanya buka aplikasi Whatsapp saat bermain Game atau melakukan pembersihan ketika di tengah permainan.

Game Launcer biasanya muncul di dalam permainan dengan posisi mengambang. Jika Anda merasa performa HP menurun, aplikasi bisa digunakan secara langsung dari dalam game.

Cara Mengatasi HP Lambat secara Manual

Tentu saja, selain menggunakan aplikasi Anda juga bisa mengatasi HP lambat secara manual. Cara yang bisa dilakukan ada banyak, mulai dari membersihkan memori, menghapus aplikasi dan pilih jaringan internet yang lancar. Ketiga opsi tersebut bisa dimaksimalkan cara penyelesaiannya.

  1. Membersihkan Memori

Mulai dari membersihkan memori untuk mengurangi beban HP saat menjalankan aplikasi. Cara mengatasi HP lambat ialah masuk ke berkas dan cari folder berkapasitas terbanyak. Cari folder bernama temp atau data yang menjadi cache, sehingga menyebabkan memori penuh.

Hapus berkas tersebut, tapi tetap sisakan ruang sesuai ukuran berkas sebelumnya. Tujuan untuk menyisakan ruang ialah menyediakan memori yang cukup untuk data sampah ke depannya. Jika memori belum menampung sampah, maka aplikasi Anda tidak akan bekerja secara optimal.

  1. Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan
Baca Juga :   Rekomendasi STB TV Murah Berkualitas di Bawah 400 Ribu

Selanjutnya dengan menghapus aplikasi yang tidak berguna di HP agar lebih lancar. Aplikasi tidak berguna biasanya membebani kinerja HP karena pemakaian di latar belakang. Ini jadi salah satu cara mengatasi HP lambat paling ampuh karena hasilnya benar-benar terbukti nyata.

  1. Mengoptimalkan Jaringan Internet

Terakhir dengan mengoptimalkan jaringan internet agar bermain jadi lebih lancar. HP lambat itu bisa disebabkan jaringan yang menumpuk sehingga aplikasi sulit menerima data. Dengan jaringan yang cepat, Anda tidak perlu khawatir HP lambat karena sulit menerima sinyal.

Reset Setelan Pabrik untuk Hasil yang Maksimal

Opsi terakhir yang bisa dilakukan adalah reset ke setelan pabrik agar seluruh data hilang. Dengan data yang hilang, penyimpanan jadi bersih dan sistem kembali seperti awal. Bermain dengan HP yang bersih pasti lancar, apalagi jika permainannya berukuran besar dan berat.

HP dijamin kuat untuk menampung beban berat dari aplikasi Game tersebut. Reset setelah pabrik jadi opsi terakhir karena Anda mengorbankan data di dalam HP. Data yang sudah terkumpul itu tidak bisa dikembalikan, kecuali sudah di pindahkan ke memori penyimpanan eksternal.

Tapi untuk aplikasi, data pasti hilang sehingga Anda harus log in dari awal. Jika aplikasinya Offline Anda harus mengulang proses permainannya dari awal. Aplikasi Online masih aman karena data bisa dikembalikan dengan log in kembali menggunakan akunnya.

Perlu diingat, setiap HP memiliki spesifikasi yang berbeda beda. Jika ingin lancar bermain Game, maka gunakanlah HP berspesifikasi tinggi. Cara mengatasi HP lambat ini hanya membantu Anda secara sementara karena ke depannya masalahnya pasti akan kembali.

Windows Administrative Tools Jadi Pusat Informasi Komputer

Windows Administrative Tools Jadi Pusat Informasi Komputer

Contoh Aplikasi Edit Video di Android yang Cocok Bagi Pemula

Contoh Aplikasi Edit Video di Android yang Cocok Bagi Pemula