Cara Meningkatkan Kecepatan Internet PC dengan Mudah

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet PC dengan Mudah

Merasa lambat ketika menggunakan browser bisa diatasi dengan cara meningkatkan kecepatan internet PC. Tentu saja kita bisa merasakan langsung ketika internet terasa lambat. Apalagi untuk browser PC yang membutuhkan data unduhan lebih banyak daripada browser HP.

Koneksi internet PC bisa disambungkan melalui Wifi atau Modem dan Kabel LAN. Kedua opsi itu menjadi pilihan ketika Anda menggunakan Laptop. Jika menggunakan PC atau komputer, kabel LAN adalah opsi terbaik karena kecepatannya bisa lebih baik dibandingkan Wifi.

Komputer perlu perangkat yang bernama Wireless LAN untuk dapat mendeteksi sinyal Wifi. Jika tidak menggunakannya, Mobo harus sudah memiliki fitur Wireless. Ketika sudah terhubung, ada beberapa cara meningkatkan kecepatan internet PC yang dapat membantu Anda nantinya.

Cara ini digunakan untuk menstabilkan koneksi dan membuat penelusuran jadi lebih cepat. Anda tidak perlu menunggu lama ketika mengakses sebuah situs melalui Browser PC. Selama koneksi Anda lancar dan cepat, semua situs bisa diakses dengan mudah dalam sekali tekan.

Memahami Bandwidth, Download dan Upload

Sebelum memahami caranya, Anda harus tahu dulu apa itu Bandwidth, Download dan Upload. Pada dasarnya ketiga hal itu penting untuk memahami cara kerja koneksi internet. Berikut ini ada penjelasan singkat terkait ketiga elemen yang menentukan kecepatan koneksi Anda.

  1. Bandwidth

Meningkatkan kecepatan internet PC bisa dilakukan dengan memodifikasi Bandwidth Anda. Bandwidth ialah batas data yang bisa dikirim atau ditransferkan dari koneksi internet. Ketika Bandwidth koneksi Anda dibatasi, maka akses internet akan berjalan lambat dan lama.

Dalam sekali akses, mungkin Anda butuh waktu lebih dari dua menit untuk membuka sebuah situs. Oleh sebab itu Bandwidth harus besar agar koneksi Anda dapat dipercepat. Cara untuk mempercepat tingkatan Bandwitdh bisa dilihat di pembahasan berikutnya.

  1. Download

Jika Bandwidth adalah batasan, maka Download menjadi elemen yang ditransferkan device. Download atau unduhan menjadi proses di mana perangkat mencoba mengakses suatu situs. Dalam proses tersebut, ada beberapa data yang diunduh oleh koneksi internet.

Baca Juga :   5 Cara Memilih Harddisk Eksternal untuk Mendapatkan Kualitas Terbaik

Saat berhasil meningkatkan kecepatan internet PC, proses unduhan Anda akan berjalan lebih cepat. Tentu saja situs menjadi lebih mudah diakses dengan berbagai komponennya. Anda tidak akan butuh waktu lama untuk mengakses data di dalam suatu situs.

  1. Upload

Pada dasarnya Download adalah proses transfer data masuk, sedangkan Upload ialah proses transfer data keluar. Data yang ada di komputer Anda akan dikirimkan ke server (internet) di proses ini. Jadi kecepatan internet juga mempengaruhi seberapa lamanya Anda mengunggah.

Untuk konten kreator, Upload jadi satu elemen yang paling diutamakan. Alasannya karena di PC, internet harus cepat dan kuat agar datanya bisa diunggah ke internet. Tanpa koneksi yang cepat, konten tersebut akan tertahan dalam proses Upload dan butuh waktu lama selesai.

Cara Meningkatkan Kecepatan internet PC dari Dalam

Untuk mempercepat koneksi, Anda bisa melakukannya dari perangkat PC secara langsung. Tentu saja ada beberapa program yang dibenahi ketika ingin mempercepat koneksinya. Berikut ini cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kecepatan koneksi PC dari dalam.

  1. Ganti IP dan DNS

Dalam pengaturan koneksi PC, Anda dapat melihat IP dan DNS tercantum berbentuk angka. Anda bisa meningkatkan kecepatan internet PC dengan memodifikasinya. Caranya mudah, pertama masuk ke dalam pengaturan internet dan pilih konfigurasi di koneksi.

Masuk ke bagian IPv4 dan ganti data yang tercantum di dalamnya. Informasi tersebut bisa di reset dari CMD Run As a Administrator dan ketikan perintah “ipconfig /flushdns”. Setelah itu masukkan lagi perintah “ipconfig /renew” dan DNS Anda berhasil diganti lagi ke awal.

  1. Batasi Pengguna Internet

Cara lain yang bisa Anda gunakan ialah dengan membatasi pengguna internet. Untuk cara ini, Anda harus masuk terlebih dulu ke pengaturan koneksi jaringan. Ketik “192.168.100.1” atau “192.168.10.1” untuk masuk ke bagian menu pengaturan jaringan Wifi.

Baca Juga :   Contoh Aplikasi Edit Video di Android yang Cocok Bagi Pemula

Setelah itu cari menu “device connect” dan ubah pengaturan bandwidth sesuai kebutuhan. Hal ini akan meningkatkan kecepatan internet PC secara signifikan. Alasannya karena tidak akan ada beban di jaringan, sehingga koneksi akan fokus ke perangkat Anda sendiri.

  1. Hapus Cache dan Histori Browser

Selain masalah koneksi, browser Anda juga bisa jadi inti permasalahan yang harus diatasi. Cek bagian riwayat penelusuran dan lihat berapa data yang sudah tersimpan di sana. Hapus data tersebut jika koneksi Anda ingin dipercepat untuk mengakses data situs Internet.

Cara menghapusnya mudah, cukup kunjungi pengaturan dan pilih opsi riwayat. Hapus data yang ada, terutama Cache penelusuran karena itu membebani koneksi. Setelah dihapus, data situs jadi lebih mudah diakses karena penyimpanannya sudah dikosongi.

  1. Hilangkan Aplikasi Tidak Penting

Cara lain untuk mengatasi masalah koneksi ialah dengan menghilangkan aplikasi tak penting. Meningkatkan kecepatan internet PC bisa dilakukan dari Task Manager. Untuk membukanya Anda pencet Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan di keyboard secara langsung.

Lalu buka bagian menu Performance dan pilih opsi Open Source Monitor di bagian bawahnya. Masuk ke bagian Network atau Koneksi, di sana Anda bisa lihat arus data aplikasi PC. Hapus aplikasi yang tidak berguna dengan cara klik kanan dan End Process sesuai kebutuhan.

Meningkatkan Kecepatan Internet PC dari Luar

Setelah mengetahui masalah yang dihadapi dari dalam PC, kini Anda bisa lanjut ke masalah luar. Biasanya masalah luar disebabkan oleh perangkat yang menjadi penerima arus jaringan. Baik itu modem, ISP (Internet Service Provider) hingga Wifi Anda sendiri sebagai pusat jaringan.

Disarankan jika koneksinya lambat, ganti ISP Anda dengan koneksi lainnya. Beberapa jaringan di Indonesia memang dikenal lambat karena pelayanannya buruk. Bahkan koneksi internetnya juga tidak sebanding dengan harga yang ditawarkan oleh ISP tersebut.

Baca Juga :   Windows Administrative Tools Jadi Pusat Informasi Komputer

Oleh sebab itu, cara meningkatkan kecepatan internet PC terbaik ialah dengan ganti provider. Cara ini bisa digunakan ketika Anda sudah yakin bahwa koneksinya benar-benar lambat. Untuk menghindari kerugian, pastikan semua perangkat sudah dicoba secara optimal.

Caranya tentu dengan menggunakan perangkat lain untuk mengecek apakah jaringan aman atau tidak. Jika jaringannya aman, maka permasalahan terletak di perangkat Anda. Namun jika PC dan perangkat bekerja optimal, maka permasalahannya terletak di ISP yang buruk.

Berhati-hati dengan Virus dan Malware

Saat menelusuri internet, sebaiknya Anda berhati-hati dengan situs berbahaya. Oknum penipuan di masa sekarang ini sudah banyak dengan menyebarkan virus dan Malware di kontennya. Anda bisa membedakan situs baik dan situs berbahaya dari koneksi internetnya.

Ketika mengunjungi situs baik, Anda bisa masuk ke dalamnya tanpa ada masalah. Di sisi lain, situs yang berbahaya akan memakan lebih banyak waktu untuk mengaksesnya. Usaha meningkatkan kecepatan internet PC tidak akan berhasil ketika sudah mengunjungi situs berbahaya.

Jika dipaksakan, Anda akan terserang virus karena data yang diunduh tidak sehat. ISP memiliki keamanan khusus yang dapat menghindari situs berbahaya sehingga koneksinya diperlambat. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati ketika menelusuri internet.

Pastikan situs yang digunakan aman dan terhindar dari konten berbahaya. Contoh konten yang berbahaya di antaranya perjudian, investasi bodong, situs berhadiah, penawaran uang dan situs lainnya. Gunakan informasi meningkatkan kecepatan internet PC untuk hal-hal yang baik.

 

Netflix Game Seluler yang Unik dan Menarik untuk Dicoba

Netflix Game Seluler yang Unik dan Menarik untuk Dicoba

Windows Administrative Tools Jadi Pusat Informasi Komputer

Windows Administrative Tools Jadi Pusat Informasi Komputer