Cara Menurunkan Kolesterol agar Tetap Sehat dan Bugar

Cara Menurunkan Kolesterol agar Tetap Sehat dan Bugar

Ada berbagai cara menurunkan kolesterol supaya kamu punya tubuh yang sehat dan tetap fit beraktivitas, sehingga terhindar dari berbagai penyakit lainnya. Salah satunya dengan melakukan perubahan gaya hidup dan pola makan. Cara ini bisa menjaga kadar kolesterol darah tetap terkontrol dengan baik.

Hiperkolesterolemia terjadi ketika kadar kolesterol darah lebih tinggi dari normal (>200 mg/dL). Jika dibiarkan, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu kamu perlu mengetahui cara untuk menurunkan kolesterol dengan benar, agar terhindar dari berbagai komplikasi yang berhubungan dengan kolesterol tinggi.

5 Cara Menurunkan Kolesterol agar Tetap Sehat

Berikut ini beberapa cara agar kolesterol turun dan tetap stabil yang perlu kamu ketahui, di antaranya yaitu:

  1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Untuk menurunkan kolesterol dalam darah, dianjurkan untuk memperbanyak asupan sayur dan buah. Kandungan serat dalam sayuran dan buah-buahan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL). Disarankan untuk mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayuran per hari.

  1. Perbanyak Konsumsi Makanan Kaya Omega-3

Makanan kaya omega-3 dianggap membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah. Pilihan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 cukup beragam, antara lain salmon, mackerel, tuna, sarden, walnut, dan chia seed.

  1. Konsumsi Makanan Rendah Lemak

Jika kamu memiliki masalah dengan kolesterol tinggi, pilihlah makanan rendah lemak. Kamu bisa makan ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, susu rendah lemak, putih telur, kacang-kacangan, kacang polong, tempe, dan tahu. Hindari mengonsumsi makanan berlemak, seperti gorengan.

  1. Olahraga Teratur

Selain mengatur pola makan, kamu juga disarankan untuk rutin berolahraga. Olahraga tidak hanya membantu keseimbangan tubuh, tetapi olahraga juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

  1. Kontrol Berat Badan (BB)
Baca Juga :   Tips Menjaga Kesehatan Pasca Pandemi COVID-19 Paling Efektif

Cara berikutnya yaitu dengan selalu menjaga berat badan ideal. Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas mungkin mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk mengikuti diet sehat untuk menurunkan berat badan hingga menurunkan kolesterol.

Pentingnya selalu menjaga kadar kolesterol agar tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit. Jangan sepelekan hal kecil yang nantinya akan membuat tubuhmu mudah sakit. Selalu terapkan pola hidup sehat dengan cara menurunkan kolesterol sebaik mungkin.

Ketahui Apa Saja Manfaat Memotong Kuku Bagi Kesehatan

Ketahui Apa Saja Manfaat Memotong Kuku Bagi Kesehatan

Tips Mengatasi Darah Rendah, Konsumsi Makanan Berikut Ini!

Tips Mengatasi Darah Rendah, Konsumsi Makanan Berikut Ini!