Ide Bisnis Impor Barang Menjanjikan dan Cara Memulainya

Ide Bisnis Impor Barang Menjanjikan dan Cara Memulainya

Berbagai jenis bidang bisnis baru kini berkembang di tengah masyarakat, salah satunya bisnis impor barang. Ide usaha ini rupanya memiliki potensi menghasilkan keuntungan fantastis apabila ditekuni.

Pada dasarnya, kegiatan usaha ini dijalankan dengan menjual barang dari luar negeri ke dalam negeri. Hal itu tentu menjanjikan karena tidak semua barang bisa diproduksi di dalam negeri.

Hanya saja, menjadi importir tidak semudah yang dibayangkan. Anda perlu mengeluarkan effort lebih karena produk yang dijual berasal dari negara lain sehingga membutuhkan perizinan khusus.

5 Ide Bisnis Impor Barang Menjanjikan

Ada beragam pilihan barang luar negeri yang bisa diimpor ke Tanah Air. Oleh sebab itu, Anda perlu mempertimbangkan barang terbaik untuk dijual agar tidak boncos. Lima rekomendasi berikut bisa dipertimbangkan.

1. Berbagai Produk Fashion dan Kecantikan

Produk fashion luar negeri merupakan barang dengan peminat tinggi. Terlebih produk berupa baju, jaket, dan celana keluaran merek terkenal yang jarang dijumpai di dalam negeri.

Tidak hanya fashion, produk kecantikan juga merupakan bisnis ide bisnis impor barang menjanjikan. Berbagai macam skin care luar negeri dinilai mempunyai kualitas tinggi, misalnya skin care Korea yang sudah mendunia.

Baca Juga :   11 Kelebihan Menggunakan Wordpress Harus Anda Ketahui

2. Barang-barang Unik

Di media sosial, terdapat barang-barang luar negeri menjadi viral karena keunikannya. Sebut saja mesin cuci piring portable, payung pantai portable, hingga mainan edukatif yang dicari para orang tua untuk anaknya.

3. Snack Luar Negeri

Beberapa tahun ke belakang, makanan dan snack dari mancanegara ramai memasuki pasar Indonesia. Terutama snack khas Korea, Jepang, dan Tiongkok dengan mudah menarik hati kalangan muda.

Potensi itu bisa dijadikan sebagai bisnis impor barang menjanjikan. Namun, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu snack dari negara mana yang disukai masyarakat. Selain itu, pastikan juga jajanan tersebut halal.

4. Produk K-Pop

Sudah menjadi rahasia umum bahwa musik K-Pop sangat digemari masyarakat Tanah Air. Anda bisa memanfaatkan fanatisme tersebut dengan memasarkan produk K-Pop, mulai dari album original, poster, merchandise, dan sebagainya.

5. Barang Elektronik

Produk elektronik sudah pasti sangat dibutuhkan sehingga termasuk bisnis impor barang menjanjikan. Apalagi produk dari Tiongkok yang menawarkan harga terjangkau, tetapi berkualitas. Namun, carilah produsen terpercaya agar tidak mengecewakan.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Impor?

Dengan banyaknya produk mancanegara dengan potensi besar jika dijual di Indonesia, makin banyak orang penasaran cara menjadi importir. Jika Anda tertarik dengan usaha ini, ada sejumlah persiapan yang perlu dilakukan.

1. Lakukan Riset

Segala jenis usaha perlu diawali dengan riset. Untuk menjadi importir, lakukan riset produk dan pasar terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda tidak sampai memilih produk dengan sedikit peminat.

2. Cari Supplier Terbaik

Setelah menentukan produknya, carilah supplier terbaik dan terpercaya untuk memperoleh barang berkualitas. Coba bandingkan beberapa calon supplier melalui marketplace global, seperti alibaba.com, amazon.com, atau ebay.com.

Baca Juga :   Cara Meningkatkan Kedewasaan Diri, Jaga Komitmen

3. Pelajari Prosedur Pengiriman

Seorang importir wajib memahami prosedur pengiriman barang secara internasional. Maka dari itu, pelajari prosedur perdagangan internasional terlebih dahulu sebelum memulai bisnis impor barang. Mulai dari penentuan bea cukai, asuransi barang, dan sebagainya.

4. Membuat Angka Pengenal Importir

Dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 59/PMK.04/2014, dijelaskan bahwa pengimpor wajib mempunyai Angka Pengenal Importir (API). Oleh karena itu, calon pengimpor wajib mengurus API terlebih dahulu.

Pengimpor wajib mendaftarkan diri sekaligus bisnisnya ke kantor Kepabeanan dan Ditjen Bea dan Cukai. Selain itu, pengimpor juga membutuhkan API-U (Umum) agar memperoleh izin memasarkan produk mancanegara.

5. Pilih Layanan Outward Remittance Terbaik

Persiapan berikutnya adalah memilih layanan outward remittance karena akan sering melakukan transaksi berskala internasional. Anda dapat mencari layanan outward remittance terbaik dengan nilai valas kompetitif.

Tips Untung dari Bisnis Impor

Setelah melakukan persiapan matang, diperlukan juga action secara serius. Pasalnya, usaha mengimpor barang diperlukan kerja ekstra jika mengharapkan keuntungan besar. Beberapa tips berikut bisa membantu Anda untung dari bisnis impor barang.

1. Memperluas Pasar

Untuk meningkatkan jumlah pelanggan, Anda dapat membuka cabang baru di lokasi strategis. Namun, perlu dipertimbangkan juga bagaimana persaingan dengan kompetitor di daerah tersebut agar mampu bersaing.

2. Memanfaatkan Teknologi

Adanya teknologi wajib dimanfaatkan guna meningkatkan penjualan. Pasarkan produk secara online melalui beberapa marketplace. Buatlah penawaran menarik sehingga banyak yang melirik produk Anda.

Bisa juga dengan mengembangkan website berisi copywriting untuk memperkenalkan bisnis impor barang Anda. Selain itu, tidak ada salahnya memasarkan produk melalui media sosial, seperti Instagram, TikTok, dan YouTube.

3. Gabung Komunitas Pengimpor

Bergabung dengan komunitas pengimpor merupakan langkah cerdik untuk mengembangkan usaha. Hal itu karena komunitas tersebut menjadi wadah para pengimpor untuk saling berbagi informasi dan pengalaman.

Baca Juga :   Cara Meningkatkan Kedewasaan Diri, Jaga Komitmen

Usaha menjual produk luar negeri dapat dikatakan gampang-gampang susah. Persiapan yang dilakukan sedikit lebih rumit dibandingkan bisnis pada umumnya. Namun, bisnis impor barang menjanjikan keuntungan menggiurkan apabila ditekuni dengan serius.

Tips Membuat Lapis Legit Khas Lampung Anti Gagal

Tips Membuat Lapis Legit Khas Lampung Anti Gagal