Ini Dia Cara Mengatasi Anak Rewel, Tidak Perlu Pakai Emosi

Ini Dia Cara Mengatasi Anak Rewel, Tidak Perlu Pakai Emosi

Saat ini, banyak orang tua yang masih bingung tentang bagaimana cara mengatasi anak rewel. Tidak sedikit yang masih terbawa emosi dan cenderung memarahinya. Hal itu justru membuat si kecil makin rewel.

Seperti kita semua tahu, menenangkan anak yang sedang rewel memang bukanlah pekerjaan mudah. Para orang tua sering kali merasa bingung dengan apa yang sebenarnya menjadi keinginan si anak.

Hal itu membuat orang tua harus berpikir berulang kali untuk memahami maksud anak tersebut. Meski proses penanganan anak rewel kerap kali berbeda-beda, tetapi Anda juga bisa mencoba beberapa cara umum berikut ini.

Berikut Cara Mengatasi Anak Rewel

Mendapati sang buah hati yang terus-terusan rewel setelah kita pulang kerja terkadang bisa memancing rasa emosi. Sebelum Anda mulai memarahi mereka, sebaiknya lakukan beberapa cara berikut ini:

     1. Mengalihkan Perhatiannya

Jika anak masih terlalu kecil untuk diajak berkomunikasi, Anda bisa mengalihkan perhatiannya dengan sesuatu yang seru seperti mengajaknya bermain, memintanya memperhatikan sesuatu yang menarik, atau mengajaknya keluar rumah.

Jika perhatian mereka mulai tertuju pada sesuatu yang Anda lakukan, biasanya sikap rewelnya akan mulai hilang. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi rewel pada mereka yang masih berusia di bawah 2 tahun.

     2. Pahami Kemauan Anak

Cara mengatasi anak rewel berikutnya adalah dengan memahami apa yang mereka inginkan. Jika anak rewel saat sedang bermain dengan adiknya, bisa jadi dia terganggu atau berselisih dengan adiknya tersebut.

Baca Juga :   Peran Ayah Mengasuh Anak Sejak Dini yang Perlu Diketahui

Anda bisa memisahkan keduanya dan memberikan mainan untuk menenangkannya. Kenali juga rasa tidak nyaman pada tubuhnya apakah karena demam, perut kembung, atau hal tidak nyaman lain pada dirinya.

     3. Gendong dan Nyanyikan Mereka Lagu

Dengan menggendong dan menyanyikannya lagu, si kecil biasanya akan merasa lebih nyaman dan tenang. Terlebih jika Anda cukup sering mengajarkan si kecil dengan lagu-lagu tertentu setiap harinya.

Cara mengatasi anak rewel satu ini cukup efektif untuk menenangkan anak yang rewel karena suatu hal. Saat menggendong, Anda juga bisa memberikan tepukan lembut dan menggoyang-goyangkan badannya agar lebih tenang.

     4. Ajak Dia Jalan-Jalan

Berada di dalam rumah dalam waktu yang lama terkadang membuat kita merasa bosan. Nyatanya, hal itu juga bisa terjadi pada anak sehingga Anda perlu mengajaknya jalan-jalan saat dia mulai rewel dan terus-terusan menangis.

Melihat suasana baru di sekitar kita cukup efektif mengatasi rasa bosan. Dengan berjalan-jalan, si kecil bisa menemukan hal lain yang membuatnya bahagia dan mulai lupa dengan rasa bosannya saat di rumah.

     5. Kenalkan Si Kecil dengan Orang-Orang Sekitar

Berada di lingkungan yang asing sering kali membuat sang buah hati merasa tidak nyaman. Hal itu bisa diekspresikannya dengan menangis secara terus-menerus. Karena itu, sebaiknya Anda mulai mengenalkannya dengan orang-orang sekitar.

Anda bisa mulai mengenalkan mereka pada tetangga, saudara, atau orang-orang yang sering ditemui di lingkungan rumah. Lama-kelamaan, mereka akan mulai terbiasa dan merasa nyaman di lingkungan tersebut.

     6. Kenalkan Si Kecil pada Keramaian

Cara mengatasi anak rewel yang terakhir adalah dengan membiasakan mereka berada di suasana ramai. Jika si kecil hanya terbiasa di tempat tenang, kemungkinannya untuk rewel di tempat ramai akan semakin besar.

Baca Juga :   Belajar Menghargai Orang Lain Bisa Diterapkan Sejak Dini

Hal itu berkaitan dengan lingkungan baru yang pertama kali ia temui. Untuk itu, biasakan si kecil berada di tempat-tempat ramai. Anda bisa secara rutin mengajaknya ke mall atau tempat-tempat umum lainnya.

Cara paling efektif untuk menenangkan anak rewel adalah dengan memenuhi keinginan atau kebutuhannya. Jika hal itu masih sulit dipahami, beberapa cara mengatasi anak rewel di atas bisa Anda coba.

Intip 6 Tips Melatih Kemandirian pada Anak Sejak Dini

Intip 6 Tips Melatih Kemandirian pada Anak Sejak Dini

Mengenal Pola Asuh Orang Tua dan Dampaknya pada Anak

Mengenal Pola Asuh Orang Tua dan Dampaknya pada Anak