Inilah 10 Ide Usaha Rumahan di Desa yang Bisa Anda Coba

Inilah 10 Ide Usaha Rumahan di Desa yang Bisa Anda Coba

Ada berbagai jenis usaha rumahan di desa yang ternyata potensial. Kemunculan ide usaha tersebut tidak terlepas dari peran internet karena sudah masuk ke wilayah terpencil.

Adanya internet telah membuka mata orang-orang bahwa menjadi seorang pengusaha tidak harus dilakukan di perkotaan. Orang menjadi tahu dari internet bahwa banyak hal di pedesaan yang bisa dijadikan bisnis.

Justru banyak usaha di perkotaan mengambil bahan baku dari desa. Sebut saja rempah-rempah, sayuran, buah-buahan, dan lain-lain. Bahkan, Anda berpeluang mendapatkan bahan baku yang lebih murah karena langsung dari sumbernya.

Usaha Rumahan di Desa yang Menjanjikan

Lingkungan pedesaan tidak dapat dipandang sebelah mata. Pasalnya, ada begitu banyak potensi yang bisa dikembangkan menjadi usaha yang menguntungkan. Berikut disajikan beberapa rekomendasinya untuk Anda.

1. Warung Sembako

Setiap orang sudah pasti tidak bisa terlepas dari sembako karena merupakan kebutuhan primer. Itulah sebabnya warung sembako bisa menjadi ide yang dikembangkan untuk meraup keuntungan besar.

Bagi Anda dengan modal cukup, tidak ada salahnya untuk membuka warung sembako. Cobalah menjalin hubungan kerja sama dengan para petani untuk memperoleh berbagai produk, seperti beras, sayuran, cabai, dan lain-lain.

2. Makanan Olahan

Makanan olahan berupa camilan merupakan usaha rumahan di desa yang menjanjikan karena tengah digandrungi anak muda. Tidak hanya anak muda, target pasar bisnis camilan juga bisa di segala usia.

Baca Juga :   4 Tokoh Inspiratif Dunia yang Harus Anda Kenal untuk Sukses

Ada berbagai macam camilan, seperti keripik singkong, kerupuk seblak, mi lidi, cireng, dan makanan ringan lainnya. Anda juga bisa mengkreasikan rasa agar lebih bervariasi untuk meningkatkan daya tariknya.

3. Jual Ayam Potong

Jika di lingkungan sekitar Anda ada peternakan ayam, tidak ada salahnya untuk bekerja sama dalam memasarkan hasil ternaknya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahan ayam sangat disukai oleh masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, menjadi pemasok ayam potong tentu menawarkan keuntungan yang menggiurkan, bukan? Terlebih jika Anda juga memasarkan produk secara online sehingga dapat memperluas target pasar.

4. Jual Telur

Selain dagingnya, menjual telur ayam hasil peternakan juga dapat menjadi usaha rumahan di desa dengan potensi besar. Telur merupakan salah satu bahan serba guna karena dapat diolah menjadi beragam masakan.

Selain masakan rumahan, telur sangat dibutuhkan sebagai bahan membuat roti. Dengan menjalin kerja sama dengan toko roti, Anda berpeluang memperoleh keuntungan besar dari berjualan telur.

5. Jual Gorengan

Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat menyukai gorengan, tidak terkecuali masyarakat di kampung. Oleh karena itu, berjualan berbagai macam gorengan merupakan ide jualan menarik untuk dicoba.

Tidak perlu membuka lapak, gorengan dapat dititipkan di berbagai warung ataupun kantin sekolah. Agar lebih menarik, cobalah mengkreasikan gorengan unik dan berbeda dibanding penjual lain.

6. Jual Kue Rumahan

Selain gorengan, aneka kue tidak kalah peminat di berbagai kalangan masyarakat. Ide usaha rumahan di desa satu ini cocok bagi Anda yang pandai dalam hal bakery.

Ada beragam jenis kue dengan peminat cukup tinggi dari segala usia, mulai dari kue bolu, lapis kukus, brownies, cheese cake, roti ubi Korea, garlic cheese bread, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :   Mengambil Hikmah Gambar Inspiratif untuk Perbaikan Diri

7. Budidaya Tanaman Hias

Seperti diketahui, perkotaan identik dengan polusi udara. Sebaliknya, pedesaan memiliki udara bersih dan segar sehingga cocok untuk membudidayakan tanaman hias. Hal itu membuka peluang meraup untung dari berbisnis tanaman hias.

Usaha rumahan di desa dengan membudidayakan tanaman hias terbilang menjanjikan. Pasalnya, kini banyak orang memimpikan rumah modern dengan tetap menjaga keasrian dan keindahan melalui tanaman hias.

8. Budidaya Ikan

Selain tanaman hias, ikan hias juga kerap dimanfaatkan untuk menambah keindahan hunian. Oleh sebab itu, budidaya ikan hias merupakan pilihan menarik dan menawarkan laba tinggi.

Bukan ikan hias saja, ikan pangan juga tidak kalah menarik jika dijadikan bisnis. Hal itu karena banyak warung makan yang membutuhkan ikan, sebut saja ikan lele, nila, gurame, dan sebagainya.

9. Jasa Titip

Jasa titip atau jastip ialah jasa menawarkan penitipan pembelian souvenir suatu daerah, makanan, dan masih banyak lagi. Jastip biasanya memiliki sistem pre-order, jadi Anda hanya perlu membeli barang sesuai pesanan.

Jasa titip tergolong usaha rumahan di desa tanpa modal karena Anda tidak perlu membeli barang jika tidak ada pesanan. Jasa ini menjanjikan karena kebanyakan masyarakat desa jarang pergi ke kota.

10. Guru Les

Di pedesaan biasanya jarang ditemui lembaga bimbingan belajar sehingga anak-anak harus ke kota jika ingin mengikuti bimbel. Hal itu tentu membutuhkan biaya tambahan, terlebih apabila jaraknya jauh.

Dengan kenyataan itu, menjadi guru les merupakan peluang bagus jika dicoba. Anda bisa membuka les kelompok ataupun privat kepada anak-anak pada sore dan malam hari sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama.

Melihat sepuluh ide tersebut, terbukti bahwa ada banyak bisnis rumahan yang menawarkan keuntungan menjanjikan. Bahkan, ide usaha rumahan di desa tersebut masih bisa dioptimalkan dengan cara memperluas pasar secara online.

Baca Juga :   10 Kata Bijak Bung Hatta, Wakil Presiden Pertama Indonesia yang Cerdas
7 Kelebihan WA Mod yang Harus Anda Ketahui

7 Kelebihan WA Mod yang Harus Anda Ketahui

Tips Mengolah Ikan Patin Agar Tidak Amis Lagi

Tips Mengolah Ikan Patin Agar Tidak Amis Lagi