Intip 6 Tips Melatih Kemandirian pada Anak Sejak Dini

Intip 6 Tips Melatih Kemandirian pada Anak Sejak Dini

Melatih kemandirian pada anak sejatinya bisa dilakukan sedini mungkin saat mereka sudah mulai bergerak aktif. Dalam hal ini, orang tua memiliki peran yang sangat besar dalam membentuk perilaku tersebut.

Pasalnya, interaksi pertama seorang anak akan lebih banyak dilakukan bersama orang tuanya. Pada saat itulah orang tua harus bisa menanamkan sifat-sifat kemandirian pada diri mereka tanpa harus memaksanya.

Melatih rasa mandiri pada diri si kecil tentu harus dilakukan dengan penuh kesabaran dan juga perlakuan khusus. Berikut ini akan dibahas beberapa tips untuk melatih anak agar lebih mandiri sejak dini.

Tips Melatih Kemandirian pada Anak Sejak Dini

Perilaku mandiri tentu harus datang dari dalam diri sendiri dan bukan merupakan paksaan. Untuk menumbuhkan perilaku mandiri dalam diri si kecil, beberapa tips berikut bisa Anda terapkan di rumah:

     1. Sesekali Libatkan Anak Pada Pekerjaan Rumah Tertentu

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengajak si kecil untuk sesekali mengerjakan pekerjaan rumah tertentu. Cukup pekerjaan yang ringan saja sehingga mereka tidak keberatan melakukannya.

Anda bisa memberikan tugas seperti menyapu ruang tamu, merapikan meja, atau sekedar melipat pakaian. Tetap berikan kepercayaan pada mereka sekalipun pekerjaannya masih belum sempurna.

     2. Minta Mereka Merapikan Mainannya Sendiri

Tips melatih kemandirian pada anak selanjutnya adalah dengan meminta mereka bertanggungjawab atas mainannya sendiri. Biasanya anak akan membiarkan mainannya berantakan meskipun sudah tidak digunakan lagi.

Baca Juga :   Mengenal Pola Asuh Orang Tua dan Dampaknya pada Anak

Dalam hal ini, Anda harus sedikit tega untuk menerapkan disiplin pada diri mereka. Minta si kecil untuk bertanggungjawab dengan merapikan semua mainannya jika sudah selesai digunakan.

     3. Hargai Setiap Pekerjaan Anak

Seorang anak akan senang melakukan suatu pekerjaan jika merasa dihargai. Untuk itu, berikan pujian atau penghargaan atas usaha yang sudah mereka lakukan sekecil apa pun pekerjaan tersebut.

Jika pekerjaan tersebut masih belum sempurna, Anda bisa memberikan dorongan agar mereka mau terus berusaha. Selain menumbuhkan perilaku mandiri, hal ini juga bisa membuat si kecil semakin terampil akan sesuatu.

     4. Tetap Sabar dan Jangan Terlalu Memaksa

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, kemandirian pada diri si kecil sebaiknya tidak datang dari paksaan, tetapi atas dasar kemauan sendiri. Untuk itu, Anda harus tetap sabar dalam mengarahkannya.

Keberanian pada diri si kecil juga tidak sama satu sama lain. Ada anak yang cukup antusias dalam mengerjakan sesuatu, tetapi ada juga yang harus meyakinkan dirinya jika ia mampu melakukannya.

     5. Terapkan secara Konsisten

Tips melatih kemandirian pada anak selanjutnya adalah dengan menerapkan hal-hal tertentu secara konsisten. Anda bisa meminta mereka untuk melakukan aktivitas yang bisa dilakukan sendiri.

Hal itu bisa berupa makan, memakai pakaian, mencuci piring, dan sebagainya. Untuk memulai kebiasaan itu, Anda bisa mencontohkannya atau melakukannya bersama-sama dengan mereka sehingga lama-kelamaan si kecil akan mulai terbiasa.

     6. Dorong Anak untuk Berani Melakukan Hal Baru

Tips melatih kemandirian pada anak yang terakhir adalah memberikan dorongan agar mereka berani melakukan hal baru. Umumnya, si kecil akan merasa ragu atau takut dengan hal yang belum pernah mereka lakukan.

Baca Juga :   Belajar Menghargai Orang Lain Bisa Diterapkan Sejak Dini

Peran orang tua di sini adalah memberikan contoh serta mendorong mereka agar lebih berani dengan hal baru tersebut. Semakin si kecil berani akan hal-hal baru, semakin cepat perilaku mandiri akan terbentuk dalam diri mereka.

Jika tidak dilatih untuk mandiri sejak dini, seorang anak akan cenderung memiliki rasa tidak percaya diri pada kemampuannya. Oleh karena itu, melatih kemandirian pada anak sebaiknya dilakukan sejak usia dini.

Mengambil Hikmah Gambar Inspiratif untuk Perbaikan Diri

Mengambil Hikmah Gambar Inspiratif untuk Perbaikan Diri

Ini Dia Cara Mengatasi Anak Rewel, Tidak Perlu Pakai Emosi

Ini Dia Cara Mengatasi Anak Rewel, Tidak Perlu Pakai Emosi