Keistimewaan Jalan Malioboro yang Jarang Orang Tahu

Keistimewaan Jalan Malioboro yang Jarang Orang Tahu

Keistimewaan jalan Malioboro Jogja seringkali dilewatkan oleh orang-orang. Mereka hanya tahu kalau jalan satu ini merupakan salah satu jalan yang sangat populer, tidak hanya di Jogja saja, tapi juga di seluruh Indonesia.

Sebenarnya apa keistimewaan dari jalan satu ini? Mengapa popularitasnya berbeda dengan jalan lain yang ada di negeri ini? Jika kamu adalah seorang traveler yang peduli terhadap sejarah, beberapa keistimewaan ini tentu harus dipahami dengan baik.

Keistimewaan Jalan Malioboro Dibanding Jalan Lainnya

Setelah kami rangkum dari berbagai sumber, ternyata ada 4 keistimewaan dari jalan satu ini. Tentu keistimewaan inilah yang membuatnya jauh lebih populer jika dibandingkan dengan jalanan lain yang ada di wilayah Jogja. Apa saja keistimewaan tersebut?

  1. Nilai Sejarah yang Tinggi

Keistimewaan pertama yang dimiliki oleh jalan satu ini terletak pada nilai sejarahnya. Nama jalan yang tidak pernah sepi dari pengunjung tersebut berasal dari seorang anggota kolonial Inggris. Dia menduduki wilayah Jogja selama masa 1811 hingga 1816 M.

Nama sosok tersebut adalah Marlborough. Karena lidah pribumi kesulitan untuk mengucapkan kata tersebut, maka muncullah nama Malioboro. Kolonial Hindia Belanda kemudian membangun salah satu pusat pemerintahan pada awal abad ke- 19.

  1. Banyak Cinderamata

Keistimewaan jalan Malioboro lainnya terletak pada banyaknya pedagang kaki lima dan toko di wilayah tersebut. Mayoritas dari mereka menjajakan produk batik, cinderamata dan souvenir lain yang memperlihatkan budaya Jogja.

Kebanyakan produk yang tersedia adalah kerajinan dari kulit, souvenir dari perak, kain batik asli, berbagai jenis gerabah buatan tangan dan lain sebagainya. Karena memiliki nilai seni tinggi, seringkali produk dari Malioboro ini ditawarkan dengan harga premium.

  1. Andong dan Becak
Baca Juga :   Air Terjun Kedung Pedut di Kulon Progo yang Eksotis

Jika di kota lainnya kita bisa melihat kendaraan modern berkeliaran, di malioboro ini kamu masih bisa menemukan andong dan becak berkeliaran dengan bebas. Jadi ada unsur nostalgia jika kita berkunjung ke dalamnya. Inilah keistimewaan Jalan Malioboro lainnya.

  1. Banyak bangunan bersejarah di sekitarnya

Keistimewaan lain yang bisa kamu temukan dari jalan satu ini adalah banyaknya bangunan bersejarah di sekitar Malioboro itu sendiri. Disini kita bisa melihat Alun-alun utara, Keraton Yogyakarta, Museum Sonobudoyo hingga Benteng Vredeburg.

Memiliki rencana untuk berkunjung ke Jogja? Jangan lupa untuk mengunjungi malioboro. Jika kamu berkunjung secara langsung, kami jamin ada banyak keistimewaan Jalan Malioboro lain yang akan dilihat langsung di dalamnya.

Keseruan di Tebing Breksi Jogja, Rekomended untuk Dikunjungi

Keseruan di Tebing Breksi Jogja, Rekomended untuk Dikunjungi

Petualangan di Goa Kalisuci Wonosari, Ada yang Berani?

Petualangan di Goa Kalisuci Wonosari, Ada yang Berani?