Manfaat Minum Air Putih 8 Gelas Sehari untuk Kesehatan

Manfaat Minum Air Putih 8 Gelas Sehari untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat minum air putih di mana setidaknya delapan gelas air sehari mungkin merupakan salah satu saran paling populer untuk menjaga kesehatan. Minum delapan gelas sekaligus, seperti nasihat yang diberikan orang tua kita sejak kita masih kecil, dan sayangnya, itu sering diabaikan.

Tapi sekarang, ada alasan bagus untuk meluangkan waktu untuk melihat dan mendengar tentang manfaat kesehatan yang sebenarnya dari delapan gelas air sehari.

Menurut National Academy of Medicine, sebuah organisasi nirlaba di Amerika Serikat, 70-75% dari berat badan orang dewasa berasal dari air. Hanya dengan melihat gambar ini, kamu sudah bisa membayangkan betapa pentingnya air untuk kesehatan tubuh.

5 Manfaat Minum Air Putih

Berikut ini beberapa manfaat dari minum air putih yang perlu kamu ketahui guna menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan selalu bugar, di antaranya:

  1. Suhu Tubuh Menjadi Sejuk dan Stabil

Setiap air yang kita minum menghidrasi kulit kita untuk mengatur suhu tubuh. Saat keringat menguap, tubuh menjadi dingin. Minum cukup air juga meningkatkan toleransi stres. Ini adalah klaim yang diterbitkan dalam laporan oleh International Journal of Sports Medicine.

  1. Membantu Mendongkrak Kinerja Olahraga

Manfaat minum air putih sepanjang hari bisa terbayar saat kita berolahraga. Ketika tubuh menerima cairan, organ berfungsi lebih baik. Pasokan air yang cukup antara setiap bagian tubuh, termasuk otot, memungkinkan kontraksi yang optimal, terutama selama latihan.

  1. Urine Lebih Jernih

“Salah satu indikator terbaik apakah kita minum cukup air adalah warna urin kita,” kata Lisa. “Idealnya warnanya harus pucat, bukan kuning cerah,” ulangnya. Selanjutnya, pertimbangkan status kita. Karena keteraturan adalah tanda hidrasi dan kesehatan yang baik.

  1. Terhindar dari Sakit Kepala
Baca Juga :   Tips Menjaga Kesehatan Pasca Pandemi COVID-19 Paling Efektif

Jika kamu mengalami sakit kepala atau migrain berulang, menjaga diri tetap terhidrasi dapat membantu mengurangi gejala ini. Itulah yang terjadi dalam percobaan yang melibatkan orang-orang dengan sakit kepala dalam sebuah penelitian di jurnal medis Family Practice, yang diterbitkan pada tahun 2012.

  1. Tekanan Darah Menjadi Normal

Jika kamu memiliki tekanan darah rendah, yang biasa terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, minum setidaknya delapan gelas air sehari dapat membantu meningkatkan tekanan darah kamu ke tingkat yang lebih sehat.

Mungkin sebagian orang belum banyak yang mengetahui tentang manfaat air putih yang sering diabaikan. Tapi setidaknya ada beberapa manfaat minum air putih yang bisa kamu terapkan untuk menjaga hidup tetap sehat.

3 Cara FYP TikTok agar Cepat Viral dan Follower Bertambah

3 Cara FYP TikTok agar Cepat Viral dan Follower Bertambah

Ketahui Apa Saja Manfaat Memotong Kuku Bagi Kesehatan

Ketahui Apa Saja Manfaat Memotong Kuku Bagi Kesehatan