Mengenal Aplikasi Desain Grafis di PC, Berikut Penjelasannya

Mengenal Aplikasi Desain Grafis di PC, Berikut Penjelasannya

Aplikasi desain grafis sangat membantu untuk membuat gambar maupun foto. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa saja jenis aplikasi yang dapat digunakan.

Hal ini penting untuk diketahui karena sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa memanfaatkannya untuk merancang sebuah desain yang bagus. Misalnya untuk keperluan promosi produk dan lain sebagainya.

Selain itu, membantu mempermudah para desainer membuat sebuah karya dan menyelesaikan berbagai proyek. Jenis aplikasinya sangat banyak, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Meskipun sebagian besar aplikasi gratis, namun kualitasnya tetap bagus dan fitur yang ditawarkan lengkap. Dengan demikian, aktivitas kerja menjadi cepat selesai dan terasa lebih menyenangkan.

13 Contoh Aplikasi Desain Grafis

Mendesain sebuah gambar memang tidaklah mudah karena membutuhkan keahlian khusus. Namun, di zaman yang canggih ini semua aktivitas tersebut menjadi lebih mudah dengan adanya bantuan alat desain seperti berikut ini.

       1. Corel Draw

Corel Draw merupakan salah satu aplikasi terbaik yang wajib dimiliki oleh seorang desainer. Keunggulannya antara lain mudah digunakan, terutama untuk membuat berbagai karya visual.

Misalnya seperti banner, logo, poster hingga undangan pernikahan. Selain itu, berfungsi dalam membuat maupun mengolah gambar berbasis vektor. Hal ini didukung dengan adanya berbagai fitur unggulan.

Contohnya seperti fitur pemberian effect dan selection. Aplikasi desain grafis wajib Anda miliki jika bekerja di bidang tersebut. Bahkan, cara mengoperasikannya juga telah dijadikan sebagai bahan ajar.

       2. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop ini sangat populer di kalangan para desainer. Hal ini karena mudah untuk dioperasikan baik oleh pemula maupun profesional. Fungsi utamanya yaitu untuk melakukan editing gambar atau foto.

Namun, saat ini banyak yang memakainya untuk membuat logo, banner dan lain-lain. Di dalamnya banyak tools pendukung seperti lasso tool, crop tool dan healing brush.

Baca Juga :   Beberapa Cara Meningkatkan Trafik Website yang Efektif

Banyak tutorial cara penggunaan Adobe Photoshop yang dapat diakses melalui youtube. Misalnya mengganti background, objek pada foto dan mengubah paradigma warna. Hal ini membuat software ini menjadi andalan banyak orang.

       3. Adobe InDesign

Aplikasi desain grafis selanjutnya adalah Adobe InDesign yang dapat dipakai untuk mengolah gambar yang berkualitas. Biasanya banyak dimanfaatkan ketika mendesain layout pada media cetak seperti koran, majalah dan tabloid.

Selain itu, menawarkan berbagai macam fitur menarik yang dapat digunakan untuk mengubah gambar menjadi blur. Lalu, berfungsi untuk membuat sebuah objek transparan.

Keunggulan lainnya adalah bisa melakukan import berbagai macam format data seperti psd, pdf, JPG dan doc. Hasil karya Anda bisa disimpan menggunakan format berbeda-beda sehingga kompatibel dengan perangkat lain.

       4. Inkscape

Inkscape adalah aplikasi desain grafis gratis yang membantu dalam merancang suatu gambar agar tidak kabur meskipun mengalami perubahan ukuran. Hal ini sangat cocok digunakan pemula yang berminat membuat gambar vektor.

Apalagi cara menggunakannya tergolong mudah. Fitur-fiturnya juga banyak dan sering diupdate sehingga memberikan kenyamanan bagi para pengguna. Selain itu, Anda dapat menghasilkan gambar lebih baik.

       5. Adobe Illustrator

Kemampuan adobe illustrator dalam mengolah foto dan gambar berbasis vektor tidak perlu diragukan. Aplikasi ini juga bagus untuk membuat berbagai desain grafis visual.

Hal ini karena merupakan perpaduan antara Photoshop dan Corel Draw. Selain itu, bisa menghasilkan objek beresolusi tinggi. Di dalamnya juga banyak terdapat fitur seperti pada Corel Draw.

Variasi warna dari aplikasi desain grafis itu lebih lengkap sehingga memfasilitasi Anda yang senang bermain gradasi. Meskipun bisa digunakan mengolah file lebih dari 50 MB, namun hasilnya tetap berukuran kecil.

Baca Juga :   3 Cara Update Wordpress dengan Mudah

       6. Sketch

Sketch sengaja dibuat khusus pengguna MacOS. Aplikasi ini lebih berfokus untuk membuat rancangan desain digital. Biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan aplikasi, situs web dan berbagai interface program digital.

Salah satu keunggulannya adalah memiliki fitur pembuat prototipe. Dengan demikian, memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan desainer lain pada saat proses perancangan.

Di samping itu, terdapat fitur tata letak cerdas. Keberadaan fitur tersebut bisa mengubah ukuran dari komponen secara otomatis, menyesuaikan kebutuhan masing-masing desainer.

       7. Xara Designer Pro X

Aplikasi desain grafis yang satu ini cocok untuk Anda yang senang membuat desain bitmap dan vektor. Misalnya untuk menerbitkan desktop, ilustrasi, desain grafis dan mengedit foto.

Ratusan template dan elemen desain bisa dipilih untuk mempercantik gambar. Selain itu, terdapat 1 juta lebih foto arsip yang akan membantu mempercepat Anda saat membuat rancangan.

       8. Affinity Designer

Affinity Designer ini merupakan versi Adobe Illustrator yang lebih murah dan bersih. Cara menggunakannya juga lebih mudah dibandingkan Adobe Illustrator. Kehadiran Affinity memiliki fungsi grid system yang baik.

Dengan demikian, aplikasi desain grafis yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk mengontrol total atas sudut, subdivisi dan spasi. Hal ini membuat tata letak desain menjadi lebih akurat.

       9. GIMP

GIMP atau dikenal sebagai GNU Image manipulation Program menjadi salah satu aplikasi yang dapat diandalkan. Hal ini dikarenakan tools tersebut bersifat open source.

Meskipun tampilannya minimalis dan sederhana, namun kualitas grafisnya juga bagus. Dengan demikian, siapa saja bisa menggunakannya dengan mudah. Ditambah lagi GIMP termasuk salah satu aplikasi gratis.

Anda bisa mengubah kode sumber, lalu mendistribusikan program gratis. Selain itu, pengguna dapat memanfaatkan program penyesuaian dan plugin dari pihak ketiga sehingga produktivitas Anda di GIMP akan meningkat.

Baca Juga :   5 Cara Memilih Harddisk Eksternal untuk Mendapatkan Kualitas Terbaik

Aplikasi desain grafis tersebut dilengkapi dengan fitur yang berfungsi dalam proses memperbaiki gambar. Bahkan, bisa mempermudah Anda untuk menciptakan komposit kreatif baru.

      10. Vecteezy

Vecteezy merupakan salah satu aplikasi yang memiliki basis vektor dan dapat digunakan gratis. Elemen vektor dapat diubah sesuai keinginan. Bahkan, Anda bisa membuat desainnya dengan mudah dari nol.

       11. Gravit Designer

Jika ingin menggunakan software gratis namun hasilnya bagus, maka bisa memilih Gravit Designer. Aktivitas yang dapat dilakukan antara lain membuat desain berbasis vektor.

Misalnya mengedit foto, membuat sebuah logo, ilustrasi maupun animasi yang berkualitas bagus. Meskipun paket gratis tidak tersedia versi offline, namun Anda tetap bisa melakukan modifikasi sesuai keperluan.

       12. Vectr

Keunggulan aplikasi desain grafis Vectr antara lain memiliki collaborative tools yang bagus. Dengan demikian, Anda bisa membuat desain bersama teman kerja secara langsung.

Vectr dapat digunakan secara cross platform. Artinya, bisa Anda memakainya lewat browser atau mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Meskipun tersedia gratis, namun kualitasnya bagus karena didukung adanya filter vector dan shadow.

       13. Canva

Canva juga direkomendasikan untuk Anda pilih karena menawarkan banyak kemudahan. Di samping itu, pilihan fiturnya juga banyak sehingga aktivitas mengedit foto menjadi lebih cepat dan terlihat profesional.

Di sana juga terdapat beberapa template untuk membuat presentasi, konten media sosial, poster dan lain-lain. Anda bebas memilih template gratis atau berbayar.

Semua jenis aplikasi tersebut sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menggeluti dunia desain grafis. Oleh karena itu, Anda harus mengenal berbagai aplikasi desain grafis beserta fitur di dalamnya.

Contoh Aplikasi Edit Video di Android yang Cocok Bagi Pemula

Contoh Aplikasi Edit Video di Android yang Cocok Bagi Pemula

Cara Mudah Membuat Website Toko Online Memakai Wordpress

Cara Mudah Membuat Website Toko Online Memakai WordPress