Peran Ayah Mengasuh Anak Sejak Dini yang Perlu Diketahui

Peran Ayah Mengasuh Anak Sejak Dini yang Perlu Diketahui

Peran ayah mengasuh anak tentu memiliki dampak positif bagi tumbuh kembang si kecil. Mungkin sebagian besar masyarakat masih beranggapan bahwa anak hanya membutuhkan sosok ibu saat pertama kali dilahirkan.

Pada kenyataannya, perkembangan serta pertumbuhan dari anak pun tidak hanya dibutuhkan peran dari ibu saja. Faktanya pun, peran dari sang ayah dalam pengasuhan anak ternyata sangat mempengaruhi perkembangan hingga kondisi mental si buah hati.

Seberapa Pentingnya Peran Ayah Mengasuh Anak?

Peran seorang ayah mengasuh anak tidak kalah pentingnya dengan sosok sang ibu. Kehadiran dari seorang ayah dalam kehidupan anak pun ternyata begitu penting. Hal tersebut dikarenakan ayah juga turut serta mempengaruhi tumbuh kembang si kecil hingga dewasa kelak.

Oleh sebab itu lah, perlu dipahami bahwa peran dari ayah bukan hanya membantu ibu untuk memenuhi segala macam kebutuhan dari anak. Selain bertugas mencari nafkah demi kebutuhan keluarga kecil, peran ayah mengasuh anak harus jelas diperlukan.

Apabila dibandingkan dengan sang ibu, cara ayah dalam menjalin interaksi dengan anak pun cenderung menggunakan pertanyaan yang umum seperti 5W+1H. Dengan pola pertanyaan tersebut, anak bisa mempunyai cara komunikasi yang lebih bertanggung jawab ketika sedang berhadapan dengan orang lain. Selain itu juga dapat memberikan dorongan kepada anak untuk:

  1. Lebih aktif dan sering berbicara
  2. Menggunakan lebih banyak lagi kosa kata
  3. Dapat menghasilkan kalimat yang jauh lebih panjang
Baca Juga :   Solo Heritage Palace Nuansa Eropa Abad 20

Jadinya, dapat disimpulkan bahwa kemampuan si kecil bakalan lebih terasah ketika sedang menjalin interaksi dengan sang ayah sehingga peran tersebut memang tidak boleh dikesampingkan.

Ketahui Peran Penting dari Ayah dalam Pengasuhan Si Kecil

Ada setidaknya beberapa peran ayah mengasuh anak yang bisa dilakukan pada tahapan perkembangan si buah hati, baik laki – laki maupun perempuan, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Mampu meningkatkan kecerdasan anak

Ayah cukup berperan aktif dalam menjalin interaksi dengan anak hingga bisa juga meningkatkan kecerdasan si kecil. Kecerdasan yang dimaksud meliputi kecerdasan emosional serta kemampuan kognitif, supaya anak mampu dalam menyelesaikan masalah dengan baik. Anak juga bisa terhindar dari tindakan kriminal di bawah umur.

2. Mampu meningkatkan kepercayaan diri anak

Dukungan emosional yang diberikan oleh ayah kepada si kecil ternyata bisa meningkatkan kepercayaan diri anak. Mereka pun akan jauh lebih baik lagi dalam mengelola stress maupun rasa takut ketika sedang dihadapkan pada berbagai macam situasi.

3. Menjadi contoh laki – laki teladan dan bertanggung jawab

Ayah merupakan sosok dan contoh laki – laki yang baik dan bertanggung jawab untuk anaknya. Peran ayah mengasuh anak inilah dapat membentuk kontrol diri dan perilaku yang baik kepada diri sang anak sehingga terhindar dari segala macam kemungkinan terburuk.

Anak juga bakal mempunyai kemampuan untuk bersosialisasi serta konsentrasi yang baik. Selain itu juga, mereka bakal yakin adanya seseorang yang benar – benar tulus serta berempati dengan orang lain.

4. Dapat memberikan persepsi yang berbeda

Hal yang wajar saat Anda mempunyai rasa ingin tahu dan penasaran yang begitu besar. Hal tersebut bisa juga didukung dengan pendapat yang berbeda dari ayah dan ibu.

Baca Juga :   Cara Membuat Anak Lebih Percaya Diri dan Berani

Perbedaan pendapat inilah yang mungkin terjadi antara ayah dan ibu sehingga sang anak mampu berpikir lebih luas lagi. Hal itu pun ternyata memberikan anak pelajaran hidup yang jauh lebih banyak.

Itu dia seberapa penting peran seorang ayah dalam mengasuh anak. Peran ayah mengasuh anak sekarang ini sudah banyak disebarluaskan di berbagai kesempatan sehingga para orang tua pun mengetahui peran penting yang diemban untuk tumbuh kembang si kecil.

Dampak Negatif Pemberian Reward Kepada Anak Perlu Dipahami

Dampak Negatif Pemberian Reward Kepada Anak Perlu Dipahami

Cara Mengajari Anak Menolak dan Berkata Tidak pada Keburukan

Cara Mengajari Anak Menolak dan Berkata Tidak pada Keburukan