Review Wisata Candi Plaosan, Daya Tarik dan Lokasinya

Review Wisata Candi Plaosan, Daya Tarik dan Lokasinya

Wisata Candi Plaosan merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi jika kamu berkunjung ke Jogja. Sebagaimana candi lain yang ada di negara ini, Plaosan juga menyimpan segudang sejarah yang sangat menarik untuk kita bahas.

Tidak banyak orang tahu kalau Candi Plaosan ini merupakan salah satu simbol cinta yang dimiliki oleh pasangan kerajaan di masa lalu. Tidak heran kalau kemudian ada banyak sekali ukiran yang memperlihatkan hal tersebut pada candi satu ini.

Review Wisata Candi Plaosan Jogja

Sebelum kita melakukan pembahasan lebih lanjut, penting sekali bagi kamu untuk memahami bagaimana perjalanan sejarah dari candi tersebut. Tentu saja ada banyak sekali fakta menarik yang bisa kita lihat di balik setiap ukiran yang ada pada candi satu ini.

  1. Sejarah Candi Plaosan

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, candi satu ini dibangun pada masa Raja Rakai Pikatan. Dia merupakan salah satu Wangsa Sanjaya yang menjadi penguasa Mataram Kuno pada tahun 840 -856.

Fakta ini dikuatkan oleh keberadaan prasasti Sri Kaluhuran yang dibuat pada tahun 842 masehi berdasarkan penelitian dari De Casparis. Sri Kaluhuran merupakan nama lain dari seorang Pramodawardhani, putri cantik dari Raja Samaratungga.

Putri tersebut merupakan istri dari Raja Rakai Pikatan yang membuat Candi Plaosan ini. Pembuatan candi ini merupakan saksi dari ikatan cinta Raja dan Putri yang menikah tanpa persetujuan dari orang tuanya.

  1. Mitos Wisata Candi Plaosan Jogja

Merujuk pada kisah yang sudah kami jelaskan di atas, kemudian muncul mitos di kalangan masyarakat terkait candi satu ini. Salah satu yang paling populer tentu saja berkaitan dengan kisah cinta itu sendiri.

Masyarakat percaya kalau siapapun yang datang ke candi ini bersama pasangan akan lebih langgeng hubungannya. Namun tentu saja mitos ini dikembalikan kepada pemahaman dan keyakinan masing-masing.

  1. Rute, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk
Baca Juga :   Wisata Candi Abang Berbentuk Seperti Bukit Teletubbies

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Wisata Candi Plaosan ini, bisa datang langsung menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Salah satu kendaraan umum yang bisa digunakan adalah bus Trans Jogja dengan ongkos 20 ribu rupiah saja dari wilayah Prambanan.

Kalau kamu mengendarai mobil pribadi, cukup arahkan kendaraan ke wilayah Prambanan. Kemudian masuk ke jalur Solo jika datang dari arah Jogja. Belok kiri di pertigaan dan telusuri jalan berkelok sampai akhirnya tiba di kompleks Plaosan.

Untuk masuk ke dalam kawasan wisata satu ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 3000 saja per orang. Sedangkan untuk kendaraan ditarik Rp 5000 per unitnya. Wisata Candi Plaosan ini buka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.30 WIB.

3 Tempat Wisata Sejarah di Jogja Paling Populer

3 Tempat Wisata Sejarah di Jogja Paling Populer

Resep Ayam Goreng Ungkep Manis Sambal Tomat Limau Segar ala Chef Rudy Choirudin

Resep Ayam Goreng Ungkep Manis Sambal Tomat Limau Segar ala Chef Rudy Choirudin