Spesifikasi Steam Deck dari Valve Corp yang Perlu Diketahui

Spesifikasi Steam Deck dari Valve Corp yang Perlu Diketahui

Bagi penggemar konsol, Anda harus tahu spesifikasi Steam Deck dari Valve. Valve sebagai perusahaan pengembang Game sudah mengeluarkan konsolnya sendiri. Beberapa orang menyebut konsol sebagai perangkat genggam yang memiliki spesifikasi komputer.

Namun ada juga yang menyebutkan jika konsol adalah gadget khusus untuk bermain game. Anda bisa memainkan berbagai macam game dengan menggunakan konsol tersebut. Berbeda dengan Smartphone yang memiliki berbagai aplikasi di dalamnya untuk kebutuhan pengguna.

Konsol hanya digunakan untuk bermain dan memiliki beberapa tombol atau alat sebagai kontrol permainannya. Spesifikasi Steam Deck banyak menarik perhatian orang. Sebagai salah satu konsol, Anda bisa merasakan beberapa hal baru.

Seperti namanya, Steam Deck merupakan konsol Valve yang dilengkapi dengan Game Steam. Di dalamnya, ada berbagai macam permainan yang bisa Anda mainkan. Game Steam ada yang versi berbayar ada juga gratis, Anda bisa memainkannya sesuai selera dan kemampuan bermain.

Mengenal Konsol Steam Deck dari Perusahaan Valve

Pada dasarnya Valve adalah perusahaan teknologi pengembang permainan asal Amerika. Dilihat dari popularitasnya, Valve sudah menjadi salah satu perusahaan permainan terbesar. Produknya seperti Steam, Counter Strike, Portal dan Dota 2 sudah digunakan oleh banyak orang.

Tidak hanya di Indonesia saja, semua hasil ciptaan Valve terkenal di seluruh dunia. Maka tidaklah jika perusahaan ini berani memunculkan produk yaitu konsol game. Spesifikasi Steam Deck menarik perhatian karena akan digunakan untuk memainkan beberapa produk Valve.

Sebagai contoh, memainkan Game perang seperti Counter Strike menggunakan Konsol genggam. Pasti pemain akan diberikan pengalaman tentang permainan FPS yang sifatnya Online. Dari konsol saja, Anda sudah bisa menikmati Game berat bersama orang lain secara langsung.

Untuk spesifikasi Steam Deck, beberapa pemain Game sudah mengakui bahwa permainan lancar saat dimainkan di konsol. Game berat yang ada dalam Steam bisa dimainkan dari konsol genggam yang kecil. Layar dan kontrolnya menjadi satu hal yang perlu dipertimbangkan dari konsol.

Baca Juga :   Kelebihan Macbook Air untuk Mahasiswa 2022

Konsol genggam itu memiliki layar tersendiri dengan kontrol yang menjadi satu paket elektronik. Dengan spesifikasi yang ada, konsol tersebut dapat menunjukkan kelebihannya. Pemain tentunya dapat menilai sendiri, apakah spesifikasinya sudah bagus atau belum ketika dimainkan.

Spesifikasi Steam Deck untuk Performa Mesinnya

Steam Deck merupakan perangkat keras yang masih menggunakan mesin layaknya komputer. Di dalam komponennya ada CPU, RAM dan memori penyimpanan untuk Game. Performa mesin itu menentukan bagaimana stabilisasi permainan ketika dimainkan dengan menggunakan konsol.

Spesifikasi Steam Deck menggunakan CPU Zen 2 4c/8t, 2.4-3.5GHz (up to 448 GFlops FP32). Dari mesin yang digunakan, perangkat bisa menjalankan program berat tanpa ada kendala, Selain itu Steam Deck juga dilengkapi RAM 16 GB LPDDR5 tanam (5500 MT/s quad 32-bit channels).

Kuat untuk mengolah data dengan cepat sehingga Game menjadi lancar untuk dimainkan. Untuk grafiknya, Steam Deck menggunakan GPU 8 RDNA 2 CUs, 1.0-1.6GHz (up to 1.6 TFlops FP32) dan membutuhkan daya 4-15W saja. Sesuai dengan penggunaan umum konsol jaman sekarang.

Operasi sistem Steam Deck menggunakan SteamOS 3.0 (Arch-based) yang jadi milik Valve sendiri. Spesifikasi Steam Deck dari segi mesinnya sudah gahar dan mengungguli konsol lainnya. Anda tidak perlu khawatir untuk memainkan game berat karena konsol ini kuat.

Bahkan saat memainkan Game seperti GTA V, konsol ini tidak akan pernah macet. Tingkat FPS di Steam Deck bisa mencapai 120 menyesuaikan jenis dan ukuran game tersebut. Kesimpulan spesifikasi mesin Steam Deck :

  1. Processor AMD
  2. CPU: Zen 2 4c/8t, 2.4-3.5GHz (up to 448 GFlops FP32)
  3. GPU: 8 RDNA 2 CUs, 1.0-1.6GHz (up to 1.6 TFlops FP32)
  4. APU power: 4-15W
  5. RAM 16 GB LPDDR5 on-board RAM (5500 MT/s quad 32-bit channels)
  6. Operating System SteamOS 3.0 (Arch-based)
Baca Juga :   Cara Mudah Membuat Website Toko Online Memakai Wordpress

Spesifikasi Steam Deck, Penyimpanan Memori

Selain mesin Anda juga harus mengetahui penyimpanan memori yang dimiliki oleh Steam Deck. Fungsi dari memori tentu saja untuk menyimpan permainan dan datanya. Steam memiliki Game dengan berbagai ukuran, mulai dari yang paling kecil yaitu 1Gb sampai terbesar 120Gb.

Ukuran itu tentu harus dipertimbangkan, apalagi untuk pengguna dan pemain Steam Deck. Anda juga bisa tentukan versi konsol yang ada karena spesifikasi Steam Deck berbeda. Versi memori dibagi tiga jenis yaitu 64 GB eMMC, 256 GB NVMe SSD dan 512 GB high-speed NVMe SSD.

Ketiganya tentu ditawarkan dengan harga berbeda sehingga Anda harus memilihnya sendiri. Jika butuh saran, Anda harus membeli Steam Deck ukuran besar agar bisa menikmati berbagai jenis Game. Tidak perlu lagi merasa khawatir jika memori penyimpanannya terbatas.

Untuk opsi tambahan, Valve juga menyediakan UHS-I MicroSD, SDXC dan SDHC pada spesifikasi Steam Deck. Dengan slot memori MicroSD, Anda mendapat tambahan slot penyimpanan.

Meski slot tersebut tidak sebaik memori tanam yang performanya sudah bagus. Kesimpulan Spesifikasi Memori Steam Deck :

  1. 64 GB eMMC (PCIe Gen 2 x1)
  2. 256 GB NVMe SSD (PCIe Gen 3 x4 or PCIe Gen 3 x2*)
  3. 512 GB high-speed NVMe SSD (PCIe Gen 3 x4 or PCIe Gen 3 x2*)
  4. MicroSD UHS-I supports SD, SDXC and SDHC

Spesifikasi Desain Konsol Steam Deck

Tentu saja spesifikasi terakhir yang perlu diperhatikan adalah desainnya konsolnya. Steam Deck sudah memakai resolusi 1280 x 800px (16:10 aspect ratio) dengan layar 7” inci Diagonal. Anda bisa menggunakan layar sentuh di Steam Deck karena dilengkapi sensor cahaya.

Dengan ISP LCD, layar cerah Brightness sampai 400 nits. Spesifikasi Steam Deck kontrol terdapat tombol A B X Y, D-pad, L & R analog tekan, L & R timbul, tombol View, Menu dan 4 x penyangga. Jempol konsol dilengkapi 2x stik analog ukuran penuh dengan sentuhan kapasitif.

Baca Juga :   Mengenal Aplikasi Desain Grafis di PC, Berikut Penjelasannya

Steam Deck juga sudah memiliki Gyro sehingga ada sensor gerakannya. Ukurannya saja hanya 117mm x 29mm x 50.5mm, namun sudah cukup untuk berbagai jenis tombol. Depan konsol ada Trackpad yang bisa digunakan untuk mendeteksi gerakan melalui sentuhan.

Konsol Steam Deck ini sudah sangat bagus baik dari desain hingga spesifikasinya. Tambahan lain seperti audio jack, audio dan jaringan internet sudah disediakan di sana. Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat dari keterangan berikut :

  1. Resolusi 1280 x 800px (16:10 aspect ratio)
  2. Tipe Layar Optically bonded IPS LCD peningkatan Keterbacaan
  3. Ukuran layar 7″ diagonal
  4. Kecerahan 400 nits typical
  5. Refresh rate 60Hz
  6. Layar Sentuh
  7. Sensor Ambient light
  8. Bluetooth 5.0 (dukungan untuk pengontrol, aksesori, dan audio)
  9. Radio Wi-Fi dual-band, 2.4GHz dan 5GHz, 2 x 2 MIMO, IEEE 802.11a/b/g/n/ac
  10. Baterai 40Whr. 2 – 8 jam gameplay
  11. Audio multisaluran melalui DisplayPort melalui USB-C, USB-C standar, atau Bluetooth 5.0
  12. Tombol ABXY Pemicu analog L & R
  13. D-pad Bumper L & R Tombol Tampilan & Menu 4 x tombol pegangan yang dapat dialihkan

Tentunya Steam Deck jadi salah satu konsol terbaik yang bisa menyaingi produk Sony Playstation. Spesifikasi Steam Deck di atas sudah dapat memainkan berbagai macam Game Berat sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan komputer untuk mencobanya.

Inilah Cara Meredakan Nyeri Haid yang Parah dengan Mudah

Inilah Cara Meredakan Nyeri Haid yang Parah dengan Mudah

Netflix Game Seluler yang Unik dan Menarik untuk Dicoba

Netflix Game Seluler yang Unik dan Menarik untuk Dicoba