Tips Memulai Olahraga Lari Bagi Pemula, Pasti Mudah!

Tips Memulai Olahraga Lari Bagi Pemula, Pasti Mudah!

Saat ini olahraga lari sedang digandrungi oleh banyak kalangan, tapi tahukah kamu kalau ada beberapa tips memulai olahraga lari bagi pemula. Karena bagaimanapun, untuk menjadikan lari sebagai hobi tentu ada step-step yang harus dilewati terlebih dahulu.

Berlari memiliki banyak sekali manfaat salah satunya lebih efektif untuk membakar lemak. Selain itu, berlari juga tidak membutuhkan modal besar untuk melakukannya karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

3 Tips Memulai Olahraga Lari Termudah

Berikut beberapa tips memulai olahraga lari buat kamu yang ingin mulai rutin melakukannya.

  1. Memulai

Tips pertama yaitu memulai. Biasanya, pemula akan lebih banyak waktu untuk mencari informasi. Padahal, cara pertama yang harus kamu lakukan tentu saja mulai berlari. Kamu harus mulai membiasakan dirimu dengan berlari.

Sebagai pemula tidak perlu muluk-muluk ingin mencapai kecepatan tertentu. Tapi bisa memulai dahulu untuk berlari di luar ruangan atau menggunakan treadmill dengan target waktu misalnya 20 menit dilakukan tiga kali dalam seminggu. Kalau kamu merasa sudah bisa mengikutinya, bisa menambah porsi olahraga misalnya menjadi empat kali seminggu dengan durasi lebih lama.

  1. Menggunakan Metode Lari-Jalan

Tips memulai olahraga lari kedua dengan metode lari-jalan. Banyak pemula ketika berlari langsung mengerahkan kemampuan maksimalnya padahal belum melakukan persiapan yang baik, ini adalah suatu kesalahan. Melakukan hal demikian hanya akan membuat tubuh sakit dalam waktu singkat.

Padahal melakukan olahraga lari bisa dimulai dengan perlahan kemudian mulai ditingkatkan secara perlahan pula. Misalnya, untuk target 20 menit maka setiap 3 menit lari kemudian 1 menit jalan kaki, dan diulangi hingga terget tercapai. Terakhir, kamu bisa berjalan kaki sebagai pendinginan.

  1. Eksplor Tempat Baru

Untuk meningkatkan semangat, tips memulai olahraga lari selanjutnya adalah mengeksplor tempat baru. Hal ini bisa membantu kamu untuk terjaga dalam motivasi melakukan rutinitas lari. Tentu akan menyenangkan berlari dengan pemandangan indah di sekelilingnya.

Selain itu, mengeksplor tempat baru juga membantumu menemukan berbagai jenis medan permukaan yang berbeda.

Berlari jauh ketika sedang bersemangat tentu akan terasa mudah, namun bukan itu targetnya. Kamu harus membiasakan berlari secara bertahap namun rutin. Konsisten adalah kunci dari berbagai tips memulai olahraga lari.

Keuntungan Hidup Minimalis Cocok untuk Kamu yang Mau Hemat

Keuntungan Hidup Minimalis Cocok untuk Kamu yang Mau Hemat

Wisata Lemah Rubuh Selopamioro di Imogiri Bantul

Wisata Lemah Rubuh Selopamioro di Imogiri Bantul