Tips Mengatasi Darah Rendah, Konsumsi Makanan Berikut Ini!

Tips Mengatasi Darah Rendah, Konsumsi Makanan Berikut Ini!

Kamu bisa mengatasi darah rendah dengan rutin mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan atau sayur mayur. Adapun tekanan darah rendah atau dalam istilah medis disebut hipotensi, terjadi ketika tekanan darah di arteri lebih rendah dari normal, yaitu di bawah 90/60 mmHg.

Secara keseluruhan, tekanan darah rendah dapat menyebabkan sejumlah gejala seperti jantung berdebar-debar, pusing, lemas, mual, dehidrasi, penglihatan kabur, menggigil, sesak napas, kehilangan keseimbangan, bahkan pingsan.

Gejala-gejala ini biasanya berlangsung sebentar dan hilang setelah orang tersebut beristirahat dan minum cairan. Untuk mencegah penyakit tersebut berulang, ada makanan tertentu yang bisa mengobati tekanan darah rendah.

Tips Mengatasi Darah Rendah yang Harus Dicoba

Berikut ini beberapa makanan yang perlu kamu ketahui agar dapat mengatasi tekanan darah rendah, diantaranya yaitu:

  1. Kismis

Selain digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat kue, kismis juga bisa dimakan untuk mengobati tekanan darah rendah. Mengonsumsi kismis dapat meningkatkan fungsi kelenjar adrenal, sehingga dapat menjaga tingkat tekanan darah dalam batas normal.

Rendam 30-40 kismis dalam segelas air, biarkan semalaman, lalu kamu bisa makan di pagi hari dengan perut kosong.

  1. Wortel

Sementara itu, jus wortel diketahui dapat menjaga kesehatan mata. Tapi tahukah kamu bahwa wortel juga bisa dimakan untuk meningkatkan tekanan darah? Kandungan vitamin A pada wortel dapat melancarkan peredaran darah dan mengatur tekanan darah hingga stabil.

  1. Lemon

Kandungan antioksidan dalam lemon sangat membantu dalam mengatur sirkulasi darah dan menjaga tekanan darah normal. Jika kamu mulai merasa lelah, kamu bisa minum segelas air lemon (juga dikenal sebagai infus) untuk meningkatkan tekanan darah.

  1. Bit

Bit dapat digunakan sebagai penambah darah karena mengandung banyak zat besi dan folat yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah. Maka dari itu, dengan mengonsumsi buah bit secara teratur dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh sehingga sel darah merah yang rusak dapat diganti dengan yang baru.

  1. Hati Sapi
Baca Juga :   Makanan Paling Dihindari Bagi Penderita Asam Urat yang Penting

Makanan ini adalah salah satu sumber vitamin B12 terbaik. Satu porsi 100 gram hati sapi mengandung B12 dalam jumlah yang sangat tinggi. Penurunan kadar vitamin B12 sebenarnya dapat menyebabkan anemia dan tekanan darah rendah. Kamu bisa makan hati sapi jika kamu sering menderita tekanan darah rendah.

Darah rendah bisa menyerang siapa saja. Selalu jaga pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. Untuk kamu yang terserang darah rendah harus mencoba cara mengatasi darah rendah dengan mengonsumsi makanan bergizi yang sudah kami sebutkan tadi.

Cara Menurunkan Kolesterol agar Tetap Sehat dan Bugar

Cara Menurunkan Kolesterol agar Tetap Sehat dan Bugar

Tips Penting dalam Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Tips Penting dalam Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita