Tips Mengolah Makanan Sehat Terasa Lezat dan Bergizi

Tips Mengolah Makanan Sehat Terasa Lezat dan Bergizi

Makanan diet biasanya terasa tidak enak sehingga banyak yang merasa bosan saat sedang diet, Anda harus mengetahui tips mengolah makanan sehat terasa lezat maka semua santapan diet Anda tidak akan terasa tidak enak lagi.

Jadi bukan hanya junk food atau makanan cepat saji saja yang akan terasa enak. Untuk Anda yang sedang melakukan diet juga masih bisa merasakan kelezatan makanan jika sudah mengetahui cara bikin makanan sehat menjadi lezat dan enak.

Pada pembahasan kali ini Anda akan mengetahui cara membuat makanan sehat menjadi enak tanpa harus mengkhawatirkan jumlah kalori dan juga kandungan gizinya.

Tips Mengolah Makanan Sehat Tetap Bergizi

Ada banyak cara mengolah makanan sehat tetapi tidak mengurangi gizi yang terkandung ke dalam bahan makanan yang digunakan. bagi para penganut makan-makanan mentah pastinya menganggap makanan mentah lebih menyehatkan.

Tetapi yang harus Anda ketahui tidak semua jenis-jenis bahan makanan bagus dimakan tanpa memasaknya. Bahkan beberapa sayuran seperti wortel, bayam, tomat akan lebih bernutrisi setelah dimasak.

Untuk itu sangat penting untuk mengetahui tips mengolah makanan sehat dengan benar agar bisa mendapatkan nutrisinya tanpa mengurangi sedikit saja gizi yang terkandung. Berikut ini tips mengolah makanan yang harus Anda ketahui.

1. Merebus

Salah satu cara mengolah makanan yang paling sering digunakan adalah merebus makanan. Banyak dipilih karena lebih mudah dan juga waktu memasaknya tidak lama.

Anda hanya perlu menambahkan air dan juga garam dalam jumlah yang sedikit saja, tetapi tidak semua jenis sayuran bisa direbus. Cara merebus ini pada beberapa bahan sayuran tertentu akan mengurang sekitar 70 persen kandungan di dalamnya.

Baca Juga :   Makanan Lezat di Solo, Bikin Ngiler

Sayuran yang disarankan untuk direbus antara lain wortel, zucchini, dan juga brokoli. Tetapi jika Anda ingin tetap merebusnya bisa melakukan perebusan dengan air yang sedikit atau sering disebut juga sebagai teknik poaching. Teknik poaching direkomendasikan untuk memasak ikan, telur dan juga buah.

2. Mengukus

Tips mengolah makanan sehat menjadi lebih lezat juga bisa menggunakan metode masak mengukus. Ini adalah metode memasak yang paling bagus karena kandungan gizi yang ada didalamnya tidak akan berkurang.

Hampir semua jenis makanan bisa menggunakan metode memasak ini seperti sayuran dan ikan. Selain tidak akan mengurangi gizi, rasa asli pada makanannya juga tidak akan berubah.

3. Memanggang

Memanggang juga menjadi salah satu cara untuk mengolah makanan. Cara membuat makanan sehat dengan cara memanggang ini biasanya digunakan untuk memasak daging yang masih segar dan empuk.

Berbeda dengan membakar, memanggang dianggap lebih sehat karena tidak akan menimbulkan hasil bakaran hitam-hitam yang dikonsumsi terlalu banyak akan menimbulkan kanker dan akan merusak keseimbangan antioksidan dalam tubuh.

4. Menumis

Cara lainnya yang bisa Anda gunakan adalah menumis tanpa minyak atau jika ingin menggunakannya dalam jumlah yang sedikit saja. hampir semua bahan masakan cocok menggunakan cara ini.

Cara Mengolah Makanan Sehat Terasa Lezat untuk Diet

Sudah mulai bosan dengan makanan diet itu-itu saja dengan rasa yang tidak enak. Anda bisa mencoba beberapa tips ini untuk membuat makanan yang lezat tetapi memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh.

1. Menambahkan bumbu

Jangan ragu untuk menambahkan bumbu pada makanan diet Anda. Tips mengolah makanan sehat terasa lezat dengan menambahkan rempah-rempah seperti bawang putih, rempah segar, merica garam dan lainnya ke dalam masakan. Sudah tidak zaman untuk mendapatkan makanan diet tanpa rasa apa-apa dan sangat membosankan.

Baca Juga :   Minuman Segar dan Lezat Cocok untuk Diminum Siang Hari

2. Menambahkan saos rendah kalori

Saat ini juga sudah banyak sekali produsen yang menyediakan saos dengan rendah kalori. Tidak ada salahnya untuk menambahkan saos dengan rendah kalori untuk membuat rasa masakan menjadi lebih baik lagi. Selain itu ada banyak lagi saos dan bumbu-bumbu lainnya yang bisa dipilih dengan kalori yang rendah dibandingan produk yang biasanya.

3. Gunakan beberapa sumber lemak

Tips mengolah makanan sehat lainnya adalah menggunakan sumber lemak yang biasanya memiliki kalori yang tinggi tetapi jika menambahkannya sedikit saja tidak akan membuat makanan tersebut tidak sehat. Sumber lemak bisa digunakan seperti minyak zaitun, selai kacang atau alpukat dan biji-bijian agar hidangan menjadi lebih enak.

4. Gunakan jeruk

Cara lain yang bisa membuat makanan diet Anda menjadi lebih lezat adalah menambahkan jerum pada makanan akan membuat hidangan menjadi lebih beraroma. Misalnya makanan tersebut adalah ikan perlahlah lemon ke ikan.

Selain akan menambahkan aroma, Anda juga akan mengurangi amis yang dihasilkan dari ikan tersebut. Tips mengolah makanan sehat menggunakan jeruk lainnya ketika Anda akan membuat salad bisa tambahkan jeruk untuk membuatnya lebih enak.

5. Memanggang sayuran

Cara lainnya yang dapat membuat hidangan diet yang sehat menjadi lebih lezat tetapi tetap bergizi adalah memanggang sayuran. Terutama jika Anda sedang bosan menyantap sayuran biasa yang dikukus atau dimakan langsung.

Selain dipanggang Anda juga bisa menggunakan air fryer dan tambakan sedikit saja minyak zaitun dan garam. Sayuran akan terasa lebih enak, untuk menambahkan banyak rasa lainnya tambahkan juga bombay, bawang putih dan herbal lainnya sehingga aroma yang dihasilkan akan membuat makanan menjadi lebih enak dibandingkan biasanya.

Tidak zaman lagi untuk menyantap hidangan diet yang membosankan dengan rasa yang monoton. Tips mengolah makanan sehat ini berguna untuk membuat makanan sehat lebih bervariasi lagi tetapi dengan catatan tidak mengurangi kandungan gizi yang ada didalamnya.

Tips Kuliner Sehat untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

Tips Kuliner Sehat untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

Rekomendasi STB TV Murah Berkualitas di Bawah 400 Ribu

Rekomendasi STB TV Murah Berkualitas di Bawah 400 Ribu