Tips Persiapan Mendaki Gunung untuk Pemula

Tips Persiapan Mendaki Gunung untuk Pemula

Persiapan mendaki gunung selalu menjadi satu hal utama sebagai cara safety saat kegiatan ini dilakukan secara solo maupun bersama kelompok. Jelas beberapa persiapan tersebut jangan sampai diremehkan begitu saja.

Indonesia sendiri terbilang cukup dikenal keindahannya oleh wisatawan dunia, di mana terdapat banyak gunung bisa didaki. Sangat disayangkan apabila selama hidup, Anda tidak pernah mendaki sama sekali di gunung-gunung Indonesia.

Terlebih lagi banyak turis asing dari berbagai negara berusaha menaklukan puncak-puncak tertinggi di Indonesia. Sebagai bangsa Indonesia sudah sepantasnya kita ikut meramaikan kegiatan ini karena manfaatnya cukup besar untuk dilakukan.

Selain dapat melihat pemandangan yang begitu megah dan indah dari puncak gunung, kabarnya mendaki gunung juga mendekatkan kita dengan orang lain. Perjuangan bersama untuk bisa sampai puncak adalah proses bagaimana pendekatan itu dilakukan.

Tidak heran mereka yang kerap mendaki gunung kerap mendapatkan teman-teman baru berkualitas. Keajaiban-keajaiban ini mungkin sulit didapatkan selama berada di dataran rendah yang cukup banyak kita temukan orang-orang dengan sifat manipulatif.

Akan tetapi, ketika Anda memutuskan untuk menaklukan sebuah gunung, persiapan mendaki gunung harus dilakukan. Hal ini demi menjaga keselamatan Anda selama pendakian itu dilakukan nantinya.

Oleh sebab itu, sebelum mendaki ketahui terlebih dahulu persiapan seperti apa saja untuk dipersiapkan oleh calon pendaki. Khususnya untuk para pemula yang belum pernah sama sekali melakukan kegiatan ini.

Persiapan Mendaki Gunung yang Perlu Pemula Ingat

Mungkin Anda sudah tidak sabar tentang persiapan apa saja untuk diingat dan bahan dipersiapkan segera. Oleh sebab itu, calon pendaki sekalian dapat menyimak beberapa poin di bawah ini.

Baca Juga :   Air Terjun Kedung Pedut di Kulon Progo yang Eksotis

1. Ajak Orang yang Berpengalaman

Sebagai seorang pemula mengajak orang yang telah memiliki pengalaman dalam mendaki gunung sangatlah penting. Dari kenalan tersebut, Anda akan dipandu dengan bagi, sehingga hal ini menjadi persiapan mendaki gunung pertama yang perlu diperkirakan.

Jangan pernah sekali-kali nekat mendaki tanpa ditemani oleh siapapun karena hal tersebut sangatlah berisiko. Bisa kita lihat bahwa mendaki gunung sama halnya dengan menjelajahi hutan, sehingga butuh pemandu agar tidak tersasar selama mendaki.

2. Mulai Mendaki di gunung dengan Ketinggian Sedang

Selalu pendaki pemula, Anda perlu mempertimbangkan gunung mana yang harus didaki. Setidaknya untuk pengalaman pertama, Anda mulai mendaki gunung dengan ketinggian sedang. Dari sana, pengalaman mendaki akan lebih terbentuk.

Meskipun hanya mendaki gunung dengan ketinggian rendah, bukan berarti Anda mengabaikan persiapan mendaki gunung lainnya. Justru melalui uji coba ini, sebagai latihan bagi pemula sebelumnya dirinya mendaki gunung yang lebih tinggi lagi.

Salah satu gunung yang cocok menjadi permulaan para pemula misalnya seperti gunung Andong di Magelang atau Gunung Prau di Wonosobo. Meskipun tidak begitu tinggi, namun pemandangan di kedua gunung tersebut sangatlah menawan hati.

3. Bawa Peralatan Standar Safety

Persiapan mendaki gunung berikut yang perlu diperhatikan yaitu bawaan Anda terkait peralatan standar keamanan atau safety. Peralatan ini terbilang cukup penting, sehingga jangan sampai tertinggal saat melakukan perjalanan.

Beberapa peralatan tersebut antara lain, sepatu gunung, pakaian hangat, sleeping bag, dan lain sebagainya. Suhu gunung sudah pasti sangat rendah, sehingga demi menjaga kondisi tubuh tetap hanya beberapa pelatan tersebut harus dibawa.

Sedangkan sepatu gunung digunakan untuk mempermudah Anda dalam menjaga, sehingga mengurangi selama hiking dilakukan. Pastikan juga membawa tabir surya demi menjaga kulit agar tidak terpapar langsung sinar matahari.

Baca Juga :   Inilah Tips Traveling Hemat yang Bisa Anda Terapkan

4. Siapkan Alat dan Bahan Logistik

Selain persiapan mendaki gunung untuk keperluan keamanan, Anda juga perlu membawa bahan dan alat untuk logistik. Beberapa peralatan dan bahan tersebut sebagai asupan selama mendaki gunung itu dilakukan.

Setidaknya Anda memiliki kemampuan sedikit mengenai cara memasak demi membuat makanan layan selama pendakian itu dilakukan. Asupan makanan ini sangat penting menjaga tubuh tetap prima selama mendaki.

Perbanyak juga bawaan air karena selama menjaga banyak cairan akan terkuras melalui keluarnya keringat. Jangan sampai air tersebut kehabisan karena selama di gunung, air akan sulit didapatkan terlebih saat mendaki gunung lebih tinggi.

Demi menjaga keadaan yang tidak terduga, Anda juga perlu membawa obat-obatan seperlunya, seperti minyak angin, parasetamol, dan lain sebagainya. Biasanya pendaki merasa terkejut dengan suhu yang ada di puncak gunung.

5. Pelajari Aturan Lengkap Mendaki Gunung

Persiapan mendaki gunung yang tidak kalah penting dari poin sebelumnya yaitu pengetahuan terkait aturan-aturan selama mendaki. Misalnya saja, tidak membuang sampah sembarang karena hal tersebut dapat mencemari lingkungan.

Aturan lain juga perlu diperhatikan seperti halnya tidak membakar yang dekat dengan pepohonan, memetik tanaman langka, dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan semacam ini hanya akan memberikan masalah kepada Anda sendiri.

Selama mendaki jangan pernah ada upaya untuk melakukan perusakan terhadap lingkungan sekitar. Selain membuat alam rusak, Anda juga dapat terjebak ke dalam permasalah hukum terkait perlindungan alam.

Asalkan persiapan-persiapan ini selalu dikedepankan selama mendaki, maka Anda pasti merasa lebih puas dan bahagian selama perjalanan ke puncak gunung. Bisa dikatakan persiapan mendaki gunung untuk pemula ini pasti dilakukan oleh pendaki profesional sekalipun.

Inilah Tips Traveling Hemat yang Bisa Anda Terapkan

Inilah Tips Traveling Hemat yang Bisa Anda Terapkan

Solo Traveling ke Luar Negeri? Perhatikan Hal Penting Ini

Solo Traveling ke Luar Negeri? Perhatikan Hal Penting Ini