Wisata Candi Abang Berbentuk Seperti Bukit Teletubbies

Wisata Candi Abang Berbentuk Seperti Bukit Teletubbies

Wisata Candi Abang saat ini menjadi populer karena bentuknya yang unik dan terlihat seperti bukit Teletubbies atau program anak-anak yang sering ada di televisi. Situs Candi Abang yang membentuk bukit tersebut sebenarnya cukup misterius karena bentuknya tertutup oleh bukit namun terlihat cantik.

Situs Candi Abang memiliki ukuran 36 M kali 34 M dengan tinggi 6 M mengerucut di bagian atasnya sehingga terlihat seperti bentuk piramida. Diperkirakan Candi tersebut dibangun pada abad ke-9 atau ke-10 ketika kerajaan Mataram kuno berkuasa, berlokasi di Blambangan, Jogotirto, Sleman Jogjakarta.

Keindahan dan Harga Tiket Masuk Wisata Candi Abang

Bentuk asli Candi sudah tidak terlihat dari luar, yang terlihat hanyalah bukit kecil di atas bukit karena sudah berabad-abad tidak digunakan dan dirawat membuat Candi tertutup tanah. Di salah satu sisi terdapat yoni dengan lambang dewa Siwa berbentuk segi delapan yang menandakan bahwa candi Abang termasuk ke dalam candi Hindu.

Dalam perjalanan menuju Candi kamu akan melewati susunan batu gamping yang berbentuk menyerupai tangga berukuran cukup besar dan acak. Candi yang membentuk bukit tersebut menjadi spot terbaik bagi kamu yang ingin menikmati senja dengan suasana yang masih sangat asri.

Banyak juga pengunjung yang memilih untuk bersepeda mengelilingi bukit yang menyerupai bukit Teletubbies ini, atau ada juga yang mendakinya ke atas. Waktu terbaik untuk mengunjungi situs Candi Abang adalah pagi atau sore hari karena di Candi ini masih cukup minim fasilitas.

Bagi kamu yang ingin datang ke wisata Candi Abang untuk menikmati keindahan suasana di sana hanya perlu membayar tiket masuk Rp. 2.000 per orang. Selain itu ada juga biaya parkir motor Rp. 2.000 dan kendaraan roda empat Rp. 5.000, harga yang cukup terjangkau untuk wisata menarik di Jogja ini.

Baca Juga :   Solo Traveling ke Luar Negeri? Perhatikan Hal Penting Ini

Di lokasi candi Abang kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti menikmati sunset atau sunrise dari atas bukit bersama keluarga. Atau kamu juga bisa melakukan perjalanan menggunakan sepeda untuk bisa sampai ke lokasi candi Abang dan merasakan angin sepoi-sepoi dari atas bukitnya.

Candi Abang mempunyai perbedaan dari wisata Candi lain yang ada di Jogja karena tidak dibangun dengan batuan endesit namun menggunakan bata merah. Candi yang mempunyai karakteristik berbeda dengan kebanyakan candi di Jogja tersebut menjadikan keunikan tersendiri bagi wisata Candi Abang.

Air Terjun Kedung Pedut di Kulon Progo yang Eksotis

Air Terjun Kedung Pedut di Kulon Progo yang Eksotis

Wisata Kaliadem Jogja Destinasi Terbaik untuk Berlibur

Wisata Kaliadem Jogja Destinasi Terbaik untuk Berlibur